Simpang Siur Gagal Ginjal Akut, Komisi IX DPR Minta Masyarakat Konsultasi ke Ahlinya

| Jum'at, 21/10/2022 19:06 WIB
Simpang Siur Gagal Ginjal Akut, Komisi IX DPR Minta Masyarakat Konsultasi ke Ahlinya Gejala gangguan pada ginjal. (Foto: doktersehatcom)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam menyarankan masyarakat untuk langsung berkonsultasi dengan tenaga Kesehatan. Hal ini untuk menanggapi banyaknya informasi yang beredar di media massa dan media sosial terkait kasus gagal ginjal akut pada anak. Menurutnya, perbedaan persepsi, cara penyampaian dan pemahaman penerima informasi terkadang justru menuai perdebatan prihal kasus ini.

“Di media sosial masih banyak yang berlebihan sehingga menyebabkan orang-orang takut. Jadi bagi masyarakat, itu tidak usah banyak-banyak pikir, banyak-banyak pertimbangan, bawa saja anaknya ke fasilitas kesehatan. Kita punya kartu BPJS, sehingga bisa ke puskesmas, di rumah sakit, ditangani oleh orang yang ahli dengan penyakit. Jangan bertindak sendiri-sendiri, jangan beli obat sendiri-sendiri. Itu aja himbauan untuk masyarakat,” kata Komisi IX DPR RI Suir Syam dilansir dpr, Jumat, 21 Oktober 2022.

Suir Syam juga juga mengimbau agar masyarakat tidak berinisiatif membeli obat-obatan tanpa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan, terutama setelah meningkatnya kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak secara misterius.

“Jadi kita mengimbau ke masyarakat kalau ada gejala-gejala anak-anak demam, batuk, diare, segera saja bawa ke fasilitas Kesehatan,” imbaunya.

“Kita kan punya ahli, ahlinya kan ada di fasilitas kesehatan jadi kita menghimbau masyarakat jangan panik tapi segera bawa anaknya ke fasilitas kesehatan, itu yang terbaik yang paling aman untuk masyarakat,” sambungnya.

Diketahui, data terbaru kasus gagal ginjal akut pada anak menunjukan ada 206 kasus gagal ginjal akut dan 99 anak di antaranya meninggal dunia.

Tags : Gagal ginjal , Kesehatan Anak

Berita Terkait