Abdul Wahid Sayangkan Penyataan Bupati Meranti Soal DBH Migas

| Jum'at, 16/12/2022 20:16 WIB
Abdul Wahid Sayangkan Penyataan Bupati Meranti Soal DBH Migas Wakil Ketua Baleg DPR RI Abdul Wahid (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM – Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Abdul Wahid turut menyayangkan pernyataan tidak menyenangkan dari Bupati Meranti M. Adil yang menyebut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berisi “iblis dan setan” sebagai bentuk protes soal Dana Bagi Hasil atau DBH minyak dan gas bagi daerah penghasil.

Menurut Abdul Wahid pernyataan semacam itu tidak pantas untuk diungkapkan dalam forum-forum resmi pemerintahan.

"Saya juga menyayangkan, seorang kepala daerah yang melontarkan pernyataan yang tidak etis untuk mengungkapkan kekecewaan, terlebih itu forum resmi pemerintahan," ungkap Abdul Wahid dalam rilisnya, Kamis, 15 Desember 2022.

Wahid mengatakan secara substansi ia dapat memahami rasa kekecewaan bupati meranti terhadap dana bagi hasil minyak dan gas bagi daerah penghasil, namun ada etika komunikasi yang harus dijaga.

"Saya menangkap maksudnya bagus, memperjuangkan daerah terkait DBH Migas, tapi tentulah dengan pendekatan yang baik, ada banyak jalur yang bisa ditempuh, terlebih seorang kepala daerah, bisa melalui Gubernur dan Mendagri untuk menyampaikan keinginannya," lanjut politis asal Riau ini.

"Kalaupun ada rasa kekecewaan tentu harus diungkapkan dengan cara-cara yang lebih baik, seorang bupati adalah kepala daerah, pemimpin di daerahnya, bukan demonstran, ada standar etika yang dikedepankan sebagai seorang pejabat publik,” tambahnya.

Anggota DPR RI Fraksi PKB ini mengajak untuk semua kepala daerah penghasil khususnya di Riau, agar bisa saling bersinergi dalam memperjuangkan kepentingan daerah, dengan menempuh cara-cara dan pendekatan yang baik.

"Di Riau tidak hanya Meranti penghasil Migas, ada banyak kabupaten lain yang juga daerah penghasil. Mari kita saling bersinergi, tentu menmpuh cari-cari dan pendekatan yang baik," tutup Wahid.

Tags : Kemenkeu , Bupati Meranti , Abdul Wahid , DPR