Riset: Transaksi Online Meningkat di Hari Gajian

| Rabu, 21/12/2022 15:31 WIB
Riset: Transaksi Online Meningkat di Hari Gajian Ilustrasi Belanja Online

RADARBANGSA.COM - Sebuah riset yang dilakukan GOTO Group menyebutkan bahwa transaksi pembayaran online yang lebih tinggi terjadi di hari gajian. Transaksi ini lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

Tak hanya di hari gajian, tingginya transaksi pembayaran online juga terjadi saat Momen Hari Belanja Nasional (Harbolnas) dan Festival Belanja Online. 

Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial Dea Deviana, mengatakan beberapa pemicu diatas menunjukkan minat belanja masyarakat yang tinggi pada perdagangan online.

“Kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen. Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan," kata Dea dalam keterangan tertulisnya, Rabu 21 Desember 2022. 

Menurutnya terdapat tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank.

Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

Adapun sepanjang tahun 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.

Tags : belanja online , gajian day , gajian

Berita Terkait