Spotify PHK 600 Karyawan

| Rabu, 25/01/2023 18:15 WIB
Spotify PHK 600 Karyawan Spotify (Doc: BBC)

RADARBANGSA.COM - Layanan streaming musik Spotify akan melakukan pemutusan hubungan kerja (phk) dalam waktu dekat. 

Dalam memo internal perusahaan dikatakan manajemen akan melakukan phk sebanyak 6% dari total karyawannya saat ini. Adapun saat ini seluruh karyawan Spotify berjumlah 9.808 yang berarti phk akan dilakukan pada sekitar 600 karyawan.

“Kalau dipikir-pikir, saya terlalu ambisius dalam berinvestasi sebelum pertumbuhan pendapatan kami. Dan untuk alasan ini, hari ini, kami mengurangi basis karyawan kami sekitar 6% di seluruh perusahaan. Saya bertanggung jawab penuh atas langkah yang membawa kita ke sini hari ini," kata salah satu pendiri dan CEO Spotify Daniel Ek dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke karyawannya, dikutip Bloomberg Rabu 25 Januari 2023.

Memo tersebut juga menjelaskan prediksi perusahaan yang meleset dari perkiraan, membuat kinerja Spotify tidak cukup efisien untuk memastikan kesuksesan jangka panjang perusahaan.

“Kami masih menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyinkronkan strategi yang sedikit berbeda, yang memperlambat kami. Dan dalam lingkungan ekonomi yang menantang, efisiensi menjadi lebih penting,” katanya.

Ada beberapa penyesuaian di pucuk pimpinan perusahaan juga. Dawn Ostroff, chief content and advertising business officer, akan keluar dari perusahaan. Alex Norström akan menjadi satu-satunya penanggung jawab bisnis sebagai chief business officer Spotify yang baru — dia pernah menjadi chief business officer freemium.

Gustav Söderström, yang telah menjadi chief product officer selama 10 tahun, tetap di perusahaan dan mengawasi sebagian besar pekerjaan teknik dan produk. Jadi sepertinya tidak banyak perubahan di bagian depan ini.

Daniel menawarkan beberapa perspektif tentang mengapa kami perusahaan membuat keputusan tersebut.

"Pada tahun 2022, pertumbuhan [biaya operasional] Spotify melebihi pertumbuhan pendapatan kami sebesar 2X  Seperti yang Anda ketahui, selama beberapa bulan terakhir kami telah membuat banyak upaya untuk mengendalikan biaya, tetapi itu belum cukup,” sambung Daniel.

Karyawan Spotify yang terkena dampak akan diundang ke percakapan empat mata selama beberapa jam ke depan. Mereka akan menerima uang pesangon yang akan bervariasi tergantung pada persyaratan periode pemberitahuan lokal dan masa kerja karyawan. Rata-rata, karyawan akan menerima lima bulan pesangon.

Tags : spotify , phk

Berita Terkait