Menkominfo Dorong Dewan Pers Siapkan Peta Jalan Jurnalisme Digital

| Kamis, 09/02/2023 23:10 WIB
Menkominfo Dorong Dewan Pers Siapkan Peta Jalan Jurnalisme Digital Menteri Kominfo Johnny G. Plate (foto: covid19goid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate mendorong Dewan pers sebagai lembaga yang menaungi insan pers di Indonesia untuk membuat peta jalan bagi media massa agar dapat sejalan dengan perspektif jurnalisme digital.

"Untuk menjaga lingkungan sekitar yang berimbang, perlu juga menempatkan jurnalisme dan media dalam perspektif baru, perspektif digital," ujarnya seperti dikutip dari antaranews, Kamis, 9 Februari 2023.

Peta jalan tersebut, jelasnya, diharapkan dapat mengoptimalkan keberadaan payung hukum terkait keberlanjutan industri media. Salah satu payung hukum yang disiapkan berupa regulasi hak cipta jurnalistik atau lebih dikenal dengan nama publisher rights.

Johnny mengapresiasi peran akademisi dan mitra ekosistem pers yang terlibat dalam merumuskan regulasi berkaitan dengan publisher rights. "Proses pembuatan peraturan legislasi kita akan lewati bersama saya berharap proses ini dilakukan dengan lebih cepat karena kita sudah streamline isu dan mengajak untuk partisipasi stakeholders yang lebih aktif sehingga bisa mempunyai meeting point, titik simpul yang sama," harapnya.

Tags : Menkominfo , Peta Jalan , Media Massa , Jurnalisme