Menteri Basuki Didapuk sebagai Ketua Kontingen Tim Indonesia di Asian Games di China

| Rabu, 15/02/2023 19:04 WIB
Menteri Basuki Didapuk sebagai Ketua Kontingen Tim Indonesia di Asian Games di China Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Dok Kementerian PUPR RI)

RADARBANGSA.COM – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi Ketua Kontingen Tim Indonesia untuk perhelatan Asian Games 2023 yang akan digelar di Hangzhou, China, pada 23 September - 8 Oktober 2023 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pemilihan Menteri Basuki sebagai Chef de Mission Asian Games sudah tepat dan sudah teruji kemampuannya di bidang olahraga.

“Pak Bas ini bukan saja di olahraga passion-nya, banyak sebenarnya. Dalam kaitan karya-karya besar, beliau ini Bapak Tol Indonesia, untuk Bapak Infrastrukturnya Presiden," kata Menko Muhadjir di Jakarta, Selasa, 14 Februari 2023 kemarin.

Sementara itu, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan pemilihan Menteri Basuki sebagai Chef de Mission Asian Games berkaca pada kesuksesan Kementerian PUPR dalam mendukung perhelatan Asian Games XVIII Indonesia tahun 2018 silam.

"Kita mendapat legacy sukses dalam penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Asian Games ini penting, sehingga kami memberikan kepercayaannya pun kepada sosok yang penting," kata Raja Sapta Oktohari.

"Kami telah melakukan sortir dengan segala macam pertimbangan. Untuk Pak Bas, saya saksinya. Kita sama-sama di Vietnam, Pak Bas mulai dari hari pertama sampai terakhir tidak pernah meninggalkan teman-teman di rowing (dayung), sehingga sangat pantas sekali untuk menjadi Chef de Mission Asian Games," tambah Raja Sapta Oktohari.

Tags : Asian Games 2023

Berita Terkait