Pembangunan Terminal Purworejo Resmi Dimulai

| Senin, 22/05/2023 12:17 WIB
Pembangunan Terminal Purworejo Resmi Dimulai Groundbreaking Terminal Purworejo Baru (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi memulai pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo Baru, Jawa Tengah.

Pembangunan ini ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama atau groundbreaking pekerjaan konstruksi pada Minggu 21 Mei 2023.

Acara groundbreaking itu dihadiri oleh Menhub Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Menhub mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah terus berupaya meningkatkan penggunaan transportasi massal.

"Oleh karenanya, pembangunan terminal bus seperti di Solo, Salatiga, Demak, Purwokerto, dan sekarang di Purworejo juga sekaligus menambah fungsi terminal sebagai pusat kegiatan masyarakat dan fungsi ini bisa berkelanjutan," ujar Menhub dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin 22 Mei 2023.

Kemenhub menyatakan pembangunan Terminal Purworejo Baru merupakan bagian dari program revitalisasi terminal tipe A secara nasional yang dilakukan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat.

Revitalisasi dilakukan agar fasilitas dan layanan terminal semakin baik sehingga dapat menumbuhkan budaya masyarakat untuk menggunakan angkutan massal bus.

Kemenhub juga menginformasikan terminal tersebut nantinya mengusung konsep mix use, yang memiliki tiga fungsi utama, yaitu tidak hanya sebagai tempat naik turun penumpang bus, tetapi juga sebagai pendorong dan penggerak perekonomian wilayah dan sebagai pusat kegiatan sosial, seni dan budaya.

Melalui konsep ini, terminal dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, di antaranya area komersial bagi UMKM, kuliner, pelayanan publik, hotel, tempat belanja, ruang serbaguna, dan lain sebagainya.

"Lokasi baru pembangunan Terminal Purworejo ini lebih strategis dan tanahnya telah dihibahkan. Keberadaan terminal baru ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pelayanan transportasi jalan seperti bus," kata Menhub.

Tags : Terminal Purworejo , Purworejo Baru

Berita Terkait