Pemerintah Mulai Pembangunan Terminal Purworejo Baru

| Senin, 22/05/2023 19:06 WIB
Pemerintah Mulai Pembangunan Terminal Purworejo Baru Pembangunan terminal bus tipe A Purworejo (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah resmi memulai pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Purworejo Baru, Jawa Tengah.

Peresmian itu ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama atau ground breaking pekerjaan konstruksi, yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada, Minggu (21/5/23).

Menhub Budi mengungkapkan bahwa pembangunan terminal teresebut merupakan bagian dari program Revitalisasi Terminal Tipe A secara nasional yang dilakukan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat.

“Revitalisasi dilakukan agar fasilitas dan layanan terminal semakin baik, sehingga dapat menumbuhkan budaya masyarakat untuk menggunakan angkutan massal bus,” ungkapnya.

Dengan mengusung konsep mix use, lanjut Menhub Budi, terminal kini memiliki tiga fungsi utama, yaitu tidak hanya sebagai tempat naik turun penumpang bus, tetapi juga sebagai pendorong dan penggerak perekonomian wilayah dan sebagai pusat kegiatan sosial, seni dan budaya.

"Lokasi baru pembangunan terminal Purworejo ini lebih strategis dan tanahnya telah dihibahkan. Keberadaan terminal baru ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pelayanan transportasi jalan seperti bus,” tukasnya.

Tags : Terminal Purworejo

Berita Terkait