Kemnaker Bakal Hadiri Sidang ILC di Swiss Juni Mendatang

| Jum'at, 26/05/2023 18:48 WIB
Kemnaker Bakal Hadiri Sidang ILC di Swiss Juni Mendatang Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan menghadiri sidang International Labour Conference (ILC) ke-pada 5 s.d 16 Juni 2023 di Jenewa, Swiss, pada 5-16 Juni 2023 mendatang.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan,  dalam sidang ILC ke-111 ada 5 komite besar yang membahas isu-isu seputar ketenagakerjaan. Mulai dari membahas laporan penerapan konvensi yang telah diratifikasi dalam periode pelaporan tahun 2022, perlindungan sosial, teknologi industri, hak dasar di tempat kerja hingga penyusunan standar ketenagakerjaan ILO tentang pemagangan.

"Kelima Komite tersebut telah mempertimbangkan serangkaian topik yang ditetapkan oleh organisasi badan pengurus (Governing Body)," kata Menaker Ida Fauziyah di Jakarta, Kamis, 25 Mei 2023.

Menurut Menaker Ida Fauziyah, ada beberapa hal penting perhatian dalam pelaksanaan sidang ILC nanti, yakni tingkat partisipasi perempuan dalam delegasi. Menaker berharap seluruh delegasi baik dari unsur pemerintah pengusaha, dan serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) dapat memenuhi jumlah partisipasi perempuan yang seimbang dengan laki-laki.

"Saya harap pertemuan ILC tahun depan, para delegasi dalam usulannya agar memberikan kesempatan kepada kaum perempuan," ujar Menaker Ida.

Tags : Sidang ILC , Kemnaker , Ketenagakerjaan

Berita Terkait