Tingkatkan Pembangun Desa, Gus Halim: Rasio PLD dan Desa Harus Seimbang

| Senin, 29/05/2023 22:50 WIB
Tingkatkan Pembangun Desa, Gus Halim: Rasio PLD dan Desa Harus Seimbang Gus Halim saat melakukan sosialisasi pendampingan desa di Jepara (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta agar rasio jumlah Sumber Daya Manusia atau SDM Pendamping Lokal Desa (PLD) dan desa seimbang.

"Rasio antara jumlah PLD dengan desa harusnya selalu 1:1,” kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam rilisnya, Sabtu, 27 Mei 2023 lalu.

Rasio PLD tersebut sebagai bentuk pendampingan untuk percepatan pembangunan desa. Menurut Mendes PDTT Halim Iskandar, rasio PLD di berbagai daerah masih 1 berbanding 3 bahkan 4. Maka PLD harus menjadi perhatian serius.

“Kalau Jepara (Jawa Tengah) 1:3 bahkan ada yang 1:4. Itu dengan honor yang sangat terbatas. Belum di luar Jawa yang juga 1:3 dan 1:4 itu bukan pekerjaan yang ringan. Yang dikerjakan banyak karena semua sentralnya ke pendamping desa. Apa-apa manggilnya pendamping lokal desa makanya harus diperhatikan secara ekstra," imbuh Mendes PDTT Halim Iskandar.

Gus Halim-sapaan akrabnya, PLD merupakan salah satu pilar penting dalam Kemendes PDTT untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Mulai dari fasilitasi pendataan terupdate sebagai bahan referensi dalam pembangunan desa hingga pelaksanaan penilaian mandiri melalui aplikasi laporan harian dalam SID membutuhkan peran PLD.

“Oleh karena itu penting untuk menyeimbangkan antara beban kerja dan kemampuan PLD,” tukasnya.

Tags : PLD , Pendamping Lokal Desa

Berita Terkait