Indonesia-Korea Selatan Bahas Perkembangan Kerja Sama Sektor Transportasi

| Selasa, 30/05/2023 20:55 WIB
Indonesia-Korea Selatan Bahas Perkembangan Kerja Sama Sektor Transportasi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Hee Ryong Won (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Hee-Ryong Won, di Conrad Hotel, Seoul, Korsel, Selasa, 30 Mei 2023.

Pertemuan tersebut membahas perkembangan kerjasama kedua negara di sektor transportasi, khususnya udara dan perkeretaapian, “Saya merasa terhormat dapat berpartisipasi sebagai panelis dalam sesi ICAO Global Implementation Support Symposium (GISS) 2023 hari ini dan berkontribusi langsung untuk memajukan industri penerbangan global,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi menjelaskan, kedua negara berkomitmen untuk terus meningkatkan dan memperluas kerjasama di sektor transportasi. Di sektor transportasi udara, Menhub mengungkapkan, pada bulan depan otoritas penerbangan sipil kedua negara akan melakukan pertemuan untuk melakukan sejumlah pembahasan secara detail.

“Saya mengapresiasi maskapai Jeju Air telah melayani penerbangan charter rute Batam dan Manado. Dengan adanya pertemuan bulan depan, saya berharap ada pembahasan agar Jeju Air dapat melayani penerbangan lagi ke sejumlah tujuan wisata lainnya di Indonesia,” ucap Menhub.
Selain itu, Menhub juga berharap melalui pertemuan tersebut, Indonesia dapat memperoleh hak angkut ke-5 (fifth freedom traffic rights), yang nantinya dapat digunakan oleh maskapai nasional untuk melayani penerbangan dari Indonesia ke Amerika Serikat melalui Seoul dan sebaliknya. 

Sementara itu di sektor perkeretaapian, Menhub menyampaikan perkembangan sejumlah proyek perkeretaapian yang dikerjasamakan, yaitu terkait rencana Studi Kelayakan (Feasibility Study) yang akan dilakukan untuk proyek pembangunan LRT di Bali. 

“Serta, perkembangan proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 4, yang telah ditandatangani MoU nya pada tahun 2022 lalu. Dimana pihak Korsel melalui K-Consortium telah mengajukan pra studi kelayakan (pre Feasibility Study) yang saat ini tengah di-review oleh pihak Pemprov DKI Jakarta,” tukasnya.

Tags : Transportasi , Indonesia , Korea Selatan