Cegah Banjir, Pemkab Tangerang Lakukan Normalisasi Saluran Air

| Selasa, 30/05/2023 23:28 WIB
Cegah Banjir, Pemkab Tangerang Lakukan Normalisasi Saluran Air Normalisasi saluran air di Kabupaten Tangerang (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang rutin melakukan  normalisasi saluran air dan drainase untuk mencegah terjadinya banjir dan genangan air.

“Dalam kurun waktu kurang lebih empat bulan yakni periode Mei sampai Agustus, terdapat 19 kegiatan normalisasi saluran air yang akan dikerjakan,” kata Kepala Dinas BMSDA Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah Effendi di Tangerang, Selasa, 30 Mei 2023.

Iwan menjelaskan bahwa normalisasi tersebut dilakukan karena saluran pembuang di beberapa titik mengalami pendangkalan. Pendangkalan aliran air umumnya disebabkan penumpukan material alami seperti tanah, pasir atau lumpur.

"Pendangkalan sungai merupakan salah satu masalah lingkungan yang harus diperhatikan. Kalau tidak diperhatikan, hal ini dapat menimbulkan bencana seperti banjir," jelasnya.

Terkait normalisasi saluran, kata Iwan, saat ini pihaknya tengah melakukan pengerukan atau normalisasi saluran dibeberapa titik, seperti kegiatan Normalisasi Saluran Pembuang di Desa Cimaneuh Kecamatan Sindang Jaya, Tangerang.

“Selain normalisasi saluran air, kami juga melakukan sedang melakukan lanjutan pembangunan drainase seperti pembangunan drainase di wilayah Kutabaru Kecamatan Pasar Kemis. Kami imbau kepada masyarakat yang melintas untuk berhati hati karena sedang ada perbaikan (drainase),” tukasnya.

Tags : Normalisasi Saluran Air , Banjir

Berita Terkait