Komisi II DPR Minta Pemerintah Maksimalkan Penyerapan Anggaran 2023

| Rabu, 31/05/2023 23:04 WIB
Komisi II DPR Minta Pemerintah Maksimalkan Penyerapan Anggaran 2023 Guspardi Gaus (Anggota Komisi II DPR RI). (Foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus ingatkan Kementerian Lembaga (K/L) yang serapan anggarannya di bawah 30 persen hingga bulan Mei 2023, khususnya mitra Komisi II untuk memaksimalkan serapan anggarannya tersebut.

“Berkaitan dengan anggaran 2023 itu kan sekarang bulan Mei, itu rata-rata di atas 30 ada juga yang 27, yang saya sampaikan tadi ada beberapa kementerian dan lembaga yang masih kecil, oleh karena itu dalam RDP ini kita mendorong jangan sampai keteter di akhir tahun anggaran,” jelas Guspardi dalam keterangannya, Rabu, 31 Mei 2023.

Meski demikian, Guspardi mengapresiasi mitra kerja serapan anggarannya luar biasa. Apalagi jika melihat realisasi pada tahun 2022 lalu. Karena rata-rata di atas 90 persen serapannya.

“Kita melihat bagaimana realisasi anggaran tahun 2022 itu pada umumnya mitra Komisi II itu termasuk pemakaian anggaran yang luar biasa. Kenapa karena rata-rata diatas 90%, malah ada yang 99%, yang paling tinggi tadi itu pemakaian anggaran KSP 99,40%, rata-rata di semua Kementerian ini cukup melebihi rata-rata secara nasional pemakaian anggaran itu,” katanya.

Menurut Guspardi, serapan anggaran yang maksimal akan berdampak terhadap ekonomi nasional, “Dalam penyerapan anggaran kemudian maksimalisasi anggaran bagaimanapun tentu akan berdampak kepada dinamika ekonomi, karena akan dimanfaatkan dalam masyarakat APBN ini, APBN itu kan adanya di Kementerian Lembaga dan juga ada yang ditransfer ke daerah, tentu kita berharap jangan terlalu besar sisa anggaran ini,” tutup Guspardi. 

Tags : Serapan Anggaran Kementerian

Berita Terkait