Parlemen Maroko dan Indonesia Sepakat Dorong Kemerdekaan Palestina

| Selasa, 08/08/2023 20:08 WIB
Parlemen Maroko dan Indonesia Sepakat Dorong Kemerdekaan Palestina Ketua DPR RI Puan Maharani menerima delegasi parlemen Maroko di Jakarta (foto: dprri)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI sekaligus Presiden Inter Parliamentary Assembly (AIPA) 2023, Puan Maharani melakukan bilateral meeting dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kerajaan Maroko, Rachid Talbi El Alami di sela-sela Sidang Umum AIPA ke-44 di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa (8/8/2023).

Puan Maharani menganggap pertemuan ini menjadi kesempatan untuk memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Maroko yang sudah terjalin sejak dibukanya hubungan diplomatik pada 1960. Menurutnya, Moroko sendiri merupakan mitra strategis Indonesia sejak kedua negara berupaya melepaskan diri dari penjajahan kolonial.

"Kunjungan Presiden Soekarno ke Rabat pada tanggal 2 Mei 1960, sebagai kunjungan kepala negara pertama di dunia ke Maroko pasca-kemerdekaan. Lalu keberadaan Jalan Soekarno, sebagai salah satu jalan utama di Rabat, menjadi bukti penguat dekatnya hubungan Indonesia dan Maroko," terang Puan.

Sementara itu, terkait kerja sama ekonomi, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini berharap Indonesia dan Maroko dapat meningkatkan nilai perdagangannya yang sempat menurun karena Pandemi Covid-19.

"Kedua negara juga perlu mendorong para pelaku bisnis untuk mengembangkan peluang kerja sama saling menguntungkan, khususnya pada UMKM," imbuhnya.

Dalam pertemuan itu juga, kedua pimpinan parlemen kedua negara sepakat untuk mendorong kemerdekaan Palestina. Menurut Puan, Palestina harus terus diperjuangkan agar menjadi negara merdeka.

"Kemerdekaan Palestina masih menjadi hutang sejarah yang perlu terus kita perjuangkan," kata Puan Maharani.

Tags : Parlemen Maroko , Indonesia , AIPA , WAIPA

Berita Terkait