Kemnaker Dorong Efektivitas Peran P2K3 di Perusahaan

| Rabu, 30/08/2023 21:42 WIB
Kemnaker Dorong Efektivitas Peran P2K3 di Perusahaan Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong efektivitas peran Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) di perusahaan dalam melakukan pencagahan kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja di tempat kerja.

"Peran P2K3 jika diefektifkan maka akan sangat membantu pemerintah dalam menangani kecelakaan kerja, maupun penyakit akibat kerja yang sedini mungkin bisa kita lakukan bersama-sama," kata Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang di Bogor, Selasa, 30 Agustus 2023.

Haiyani mengatakan, dalam rangka meningkatkan peran P2K3, Kemnaker telah beberapa kali menyelenggarakan pertemuan dengan mengundang para pengurus P2K3 secara Nasional. Selain itu, pihaknya juga melakukan pertemuan Evaluasi Efektifitas Peran P2K3 dalam Upaya Penanganan COVID-19.

“Kedua pertemuan itu menjadi dasar untuk mengetahui efektivitas P2K3 yang lebih akurat dan akuntabel,” imbuhnya.

“Peran pemerintah daerah, pengawas ketenagakerjaan beserta jajaran sangat penting, namun yang tak kalah penting adalah kita melakukan evaluasi apakah aturan yang ada perlu disesuaikan dengan kondisi terkini,” tukasnya.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan