Menaker Ida Tegaskan Program Pelatihan Wirausaha Kemnaker Terbuka bagi Pelaku UMKM

| Rabu, 06/09/2023 18:55 WIB
Menaker Ida Tegaskan Program Pelatihan Wirausaha Kemnaker Terbuka bagi Pelaku UMKM Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida fauziyah mengatakan program-program pelatihan Kemnaker bersifat inklusif dan terbuka bagi pelaku UMKM yang membutuhkan intervensi dalam upaya penguasaan, peningkatan, dan pengalihan kompetensi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja.

“Pelayanan program pelatihan ini dapat diakses melalui ekosistem ketenagakerjaan digital kami, yaitu SIAPKerja,” kata Menaker Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu, 6 September 2023.

Menurut Menaker yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sejak 2022, Kemnaker telah menggelar pelatihan peningkatan produktivitas untuk meningkatkan produktivitas pekerja, termasuk pekerja di sektor UMKM, di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP).

"Tentu sangat bisa para pelaku UMKM Shopee ikut banyak program pelatihan kewirausahaan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker,” tambah Menaker Ida.

Ida Fauziyah menjelaskan bagi pekerja ter-PHK tapi tak memiliki skill dan modal, namun masih berkeinginan  memiliki usaha, Kemnaker memiliki program untuk mengembangkan UMKM melalui program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pemula, yang memfasilitasi minat dan bakat kewirausahaan angkatan kerja.

"Kemnaker terus berperan aktif melakukan peningkatan kompetensi dan perluasan kesempatan kerja guna menekan laju angka pengangguran dengan memfasilitasi minat dan bakat kewirausahaan angkat kerja. Program bantuan TKM pemula ini, dapat diakses melalui portal online: bizhub.kemnaker.go.id," jelasnya.

Tags : Kemnaker , Ketenagakerjaan