ASEAN-Jepang Sepakat Bentuk Kemitraan Komprehensif Stategis

| Rabu, 06/09/2023 19:05 WIB
ASEAN-Jepang Sepakat Bentuk Kemitraan Komprehensif Stategis KTT ASEAN (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, ASEAN-Jepang telah bersepakat membentuk kemitraan komprehensif strategis. Kerja sama ini hadil dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN-Jepang yang digelar di Ruang Cenderawasih 3, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu, 6 September 2023.

“ASEAN dan Jepang telah sepakat membentuk kemitraan komprehensif strategis yang bukan sekadar seremonial dan bukan sekadar basa-basi, tapi juga justru berbentuk kerja sama konkret yang saling menguntungkan,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, Jepang merupakan salah satu mitra paling aktif ASEAN dan pendukung utama ASEAN Outlook on the Indo-Pacific dapat menjadi kontributor utama dalam mewujudkan kerja sama konkret yang bermanfaat langsung bagi rakyat.

“ASEAN membutuhkan investasi infrastruktur senilai 184 miliar US Dollar per tahun,” kata Presiden.

“ASEAN berharap Jepang dapat terus meningkatkan kontribusinya pada ASEAN Infrastructure Fund dan ASEAN Catalytic Green Finance Facility untuk mendukung konektivitas dan infrastruktur hijau,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan komitmen pendanaan dari Jepang untuk mendukung implementasi dari ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Menurutnya, komitmen tersebut disampaikan secara langsung oleh Jepang pada pertemuan bersama para pemimpin negara ASEAN.

“Jepang juga menyampaikan komitmen pendanaan sebesar USD100 juta untuk dukung implementasi AOIP melalui Japan-ASEAN Integration Fund (JAIF) 3.0. Jepang juga meluncurkan Comprehensive Connectivity Initiative pada saat bicara di ASEAN Indo-Pacific Forum,” tukasnya.

Tags : KTT ASEAN , Presiden Jokowi

Berita Terkait