Daniel Johan: Kepastian Harga dan Ketersediaan Beras Hak Masyarakat yang Harus Dilindungi

| Rabu, 06/09/2023 19:31 WIB
Daniel Johan: Kepastian Harga dan Ketersediaan Beras Hak Masyarakat yang Harus Dilindungi Daniel Johan (Wasekjen PKB). (Dok PKB)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan menyoroti tren kenaikan harga beras yang terjadi belakangan. Dampak El Nino dan larangan ekspor beras dari India telah menyebabkan kenaikan harga beras, setidaknya di 86 kota di Indonesia.

“Kenaikan harga beras adalah salah satu isu ekonomi yang sangat memengaruhi kesejahteraan rakyat. Kepastian harga dan ketersediaan beras adalah hak masyarakat yang harus dilindungi,” ungkap Daniel Johan dalam keterangannya, Rabu, 6 September 2023.

Untuk itu, Legislator PKB meminta kepada Pemerintah untuk memastikan bahwa praktik bisnis di pasar beras berjalan sesuai dengan regulasi yang ada, dan harga yang adil bagi konsumen.

“Salah satu program yang mendapat perhatian khusus adalah Program Pangan Nasional (Papannas). Program ini dirancang untuk mengamankan pasokan pangan, termasuk beras, dan menjaga stabilitas harga beras di pasar,” imbuh Daniel Johan.

Tak lupa, Daniel juga menyoroti peran dan efektivitas serta program Papannas dalam mengantisipasi El Nino tersebut, “Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa program-program ini benar-benar memberikan manfaat yang diharapkan kepada masyarakat,” tukasnya.

Tags : Beras Mahal , PAPANNAS , Komisi IV DPR

Berita Terkait