KPU RI Sampaikan Mekanisme Debat Perdana Pilpres 2024

| Senin, 11/12/2023 20:15 WIB
KPU RI Sampaikan Mekanisme Debat Perdana Pilpres 2024 KPU RI telah menetapkan nomor urut pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta Pilpres 2024. (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkapkan mekanisme debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden yang dijadwalkan akan berlangsung di kantor KPU RI, Selasa, 12 Desember 2023 malam. Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa debat perdana ini akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dan pesertanya adalah calon presiden (Capres).

"Siapa yang berdebat? Ya untuk besok malam kesempatan pertama pada debat capres-cawapres, di panggung untuk berdebat hanya capresnya saja," ujar Hasyim saat konferensi pers persiapan debat capres/cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12).

Adapun untuk durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian, durasi khusus debatnya 120 menit atau 2 jam. Selama itu, akan ada 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan. Pada masing-masing segmen, para panelis berhak memberi tiga pertanyaan ke para capres.

"Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan. Itu kan ada 6 segmen, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen," terangnya.

Kemudian, masing-masing capres akan mengambil pertanyaan yang sudah disiapkan para panelis secara acak. Setelah capres A menjawab, capres B dan C akan diberi kesempatan untuk menanggapi.

"Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear (jelas) di bagian perdebatan itu. Tapi pada dasarnya di bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi program sesuai dengan tema," tandasnya.

Sebagaimana diinformasikan, tema debat perdana ini adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tags : KPU RI , Debat , Pilpres , Capres , Mekanisme