KPU RI Sebut Debat Keempat Tak Ada Perubahan Format

| Senin, 15/01/2024 09:21 WIB
KPU RI Sebut Debat Keempat Tak Ada Perubahan Format Debat kedua antar cawapres. (Foto: KPU RI)

RADARBANGSA.COM - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz menegaskan bahwa format debat keempat untuk Pilpres 2024 tidak berubah, atau tetap sama seperti penyelenggaraan debat pertama hingga ketiga.

"Skema atau format yang dilangsungkan KPU sejak debat pertama, kedua, dan ketiga itulah skemanya, tidak mengalami perubahan," kata Mellaz dilansir dari antaranews, Senin, 15 Januari 2024.

Hal tersebut ditegaskannya untuk merespons banyak pihak yang mempertanyakan apakah format yang diterapkan KPU pada debat keempat Pilpres 2024 tetap sama atau berbeda dengan format debat sebelumnya.

"Jadi (debat) akan dilangsungkan sesuai tenggat waktunya berarti 21 Januari 2024, temanya sudah ditetapkan sebagaimana yang diumumkan oleh KPU. Tempat (debat) nanti bergantung kesediaan dari tempatnya. Kalau lokasi, desain, tata letak segala macam relatif tidak mengalami perubahan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Mellaz menuturkan bahwa selain waktu dan tempat pelaksanaan, durasi debat keempat juga akan sama seperti debat-debat sebelumnya yakni 120 menit untuk substansi debat, dan 30 menit untuk jeda iklan. Pembagian segmentasi debat, menurut dia, juga akan diberlakukan sama yaitu enam segmen.

"Jadi ya tantangannya kan pasti berbeda. Nah, kalau dari sisi waktu 150 menit debatnya sendiri 120 menit, 30 menitnya untuk jeda iklan itu tidak mengalami perubahan," terang Mellaz.

"Segmen debat juga ada enam segmen tidak mengalami perubahan. Jadi kalau ditanya apakah ada perubahan, apakah itu yang dimaksud format? Kalau itu yang dimaksud, tidak mengalami perubahan," tandasnya.

Tags : KPU RI , Debat , Cawapres , Pilpres , Format