IBL 2021 Resmi diadakan 10 Maret

| Senin, 08/03/2021 14:51 WIB
IBL 2021 Resmi diadakan 10 Maret Direktur Utama Indonesia Basketball League (IBL), Junas Miradiarsyah (sumber:beritasatu.com)

RADARBANGSA.COM - Setelah vakum selama satu tahun akibat pandemi Covid-19, Indonesia Basketball league (IBL) 2021 akhirnya telah mendapat izin dari Polri dan sudah dipastikan akan bergulir pada 10 Maret 2021 mendatang di Robinson Resort, Cisarua, Jawa Barat.

 

"Kami sampaikan hormat dan apresiasi kepada bapak Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan, serta BNPB dan Satgas Covid-19 yang membantu terlaksananya IBL 2021 ini,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, Minggu, 7 Maret 2021.

Junas juga berharap, dengan digulir kembali IBL ditahun ini sebagai permulaan bagi industri olahraga dan kemajuan olahraga nasional. IBL Pertamax 2021 menggunakan dua fase. Empat seri reguler dilaksanakan di Robinson Resort, Jawa Barat pada 10 Maret hingga 10 April 2021. Lalu, fase kedua (playoff), semifinal dan final akan diadakan di Jakarta pada 23 Mei hingga 6 Juni 2021. 

IBL 2021 berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, meggunakan sistem gelembung dan tanpa penonton. Seluruh personel dari 12 klub peserta sebelumnya akan melakukan screening panjang sebelum masuk ke daerah gelembung.

Seluruh klub telah melakukan tes PCR sejak pekan lalu. Kemudian dilanjut tiga hari sebelum masuk ke gelembung, lalu akan dites kembali saat tiba di Robinson Resort, Cisarua, Jawa Barat.

Kompetisi bola basket IBL di tahun ini bernama IBL Pertamax 2021, karena mendapat dukungan dari Pertamina melalui produknya, Pertamax. Pertamina tetap optimis mendukung kompetisi bola basket tertinggi Tanah Air, Merkipun dalam situasi pandemi Covid-19.

“Pertamina melihat IBL memiliki efek bagus untuk kawula muda. IBL memliki sebaran penggemar di seluruh Indonesia dan bisa mempromosikan produk Pertamina. Jadi, kami melihat IBL ini memiliki potensi yang sangat bagus,” ujar Putut Andriatno, Corporate Secretary Subholding Commercial & Trading Pertamina.

Melalui terbitnya izin kompetisi IBL, Perbasi turut optimis, bahwa kedepannya FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 bisa terlaksana di Indonesia.

“Ketika izin keluar, kami bahagia. Pertama, jika kompetisi tidak berjalan, bakal berdampak terhadap ekonomi, baik itu pemain, pelatih, ofisial, hingga perangkat pertandingan. Ini awal yang bagus bagi basket Indonesia,” tutup Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih.

Tags : IBL , Basket

Berita Terkait