Kasus Covid-19 Meningkat, Formula 1 GP Jepang Terpaksa Dibatalkan

| Kamis, 19/08/2021 11:05 WIB
Kasus Covid-19 Meningkat, Formula 1 GP Jepang Terpaksa Dibatalkan Suzuka Sirkuit (foto: JapanGuide)

RADARBANGSA.COM - Penyelenggara Formula One (F1) resmi mengumumkan dibatalkannya F1 GP Jepang 2021 akibat situasi pandemi Covid-19 di negara tersebut yang masih mengkhawatirkan. Sebelumnya, kompetisi balapan tersebut berencana digelar pada 10 Oktober 2021 di Sirkuit Suzuka, Jepang.

"Menyusul diskusi yang sedang berlangsung dengan promotor dan pihak berwenang di Jepang, keputusan telah diambil oleh pemerintah Jepang untuk membatalkan balapan musim ini karena kompleksitas pandemi yang sedang berlangsung di negara itu," demikian pernyataan dari Formula 1.

Formula 1 sekarang sedang melakukan rincian kalender revisi dan akan diumumkan minggu mendatang.

"Formula 1 telah membuktikan tahun ini, dan pada tahun 2020, bahwa kami dapat beradaptasi dan menemukan solusi untuk ketidakpastian yang sedang berlangsung dan sangat antusias dengan tingkat minat di lokasi untuk menjadi tuan rumah acara Formula 1 tahun ini dan seterusnya," tambah F1.

Sebelumnya Grand Prix Jepang akan menjadi balapan ke-17 dari musim Kejuaraan Dunia Formula 1 2021.

Kasus virus corona di Jepang terus meningkat di tengah ledakan musim panas. Penasihat senior memperingatkan bahwa negara itu berada dalam situasi bencana.

"Jika infeksi terus melonjak pada kecepatan saat ini, kita tidak akan dapat menyelamatkan nyawa yang seharusnya bisa diselamatkan," kata Shigeru Omi, yang memberi nasihat kepada pemerintah tentang pandemi.

"Ini sudah terjadi. Situasinya seperti bencana," lanjutnya memperingatkan.

Grand Prix terdekat akan digelar di Sirkuit Spa, Belgia pada 29 Agustus. Pembalap Mercedes Lewis Hamilton saat ini memimpin klasemen pembalap dengan selisih delapan poin dari Max Verstappen dari Red Bull.

Tags : F1 GP Jepang

Berita Terkait