Tahun 2023, Fajar/Rian Dipatok Target Ambisius Rebut Peringkat Satu Dunia

| Kamis, 15/12/2022 20:26 WIB
Tahun 2023, Fajar/Rian Dipatok Target Ambisius Rebut Peringkat Satu Dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil merebut gelar juara Denmark Open 2022, Minggu (23/10). (Foto: PBSI)

RADARBANGSA.COM - Pasangan ganda putra bulu tangkis Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjalani performa gemilang di tahun 2022. Mereka berhail menyabet sejumlah gelar juara dan pertama kali tampil di BWF World Tour Finals.

Mengacu pada performa tersebut, Asisten pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat mengatakan Fajar/Rian bisa merebut peringkat satu dunia tahun 2023 nanti. Saat ini, mereka bercokol di peringkat tiga dunia dengan torehan 88.655 poin.

Sedangkan di posisi pertama, ada Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Pasangan asal Jepang itu mengumpulkan total 102.050 poin.

Dengan begitu, Fajar/Rian memiliki selisih 13.395 poin dari peringkat pertama. Selisih tersebut bisa saja mereka lewati. Apalagi, akan ada Malaysia Open yang akan bergulir pada 10 sampai 15 Januari 2023 mendatang.

Bukan tidak mungkin Fajar/Rian bisa mendapat banyak poin tambahan di ajang tersebut. Mengingat, performa mereka di tahun 2022 sangat apik dengan menyabet empat gelar juara.

Terlebih, Malaysia Open 2023 adalah turnamen level Super 1000. Tambahan poin yang akan didapat pastinya juga akan banyak jika Fajar/Rian mengukir hasil manis di sana.

Dengan performa yang sedang apik-apiknya, tak ayal jika Aryono memberikan target untuk mencapai peringkat satu dunia di tahun 2023. Jika itu terjadi, dia harap Fajar/Rian bisa tetap konsisten.

"Untuk mereka sih ya target pastinya berada di ranking satu ya. Mudah-mudahan di Januari bisa mencapai ranking satu," ujarnya.

Lebih lanjut, Aryono menilai kalau pastinya akan ada beban yang menanti Fajar/Rian jika mereka benar menduduki posisi satu dunia. Namun yang terpenting, dia ingin anak asuhnya itu untuk tidak merasa di atas angin.

"Beban pasti ada sih, namun bagaimana mereka bisa jaga pikirannya saja. Berada di ranking satu itu bukan berarti yang ranking 10 atau kebawah tidak bisa mengalahkan yang ranking satu, semua pasti ada peluang untuk mengalahkan," pungkas Aryono.

Tags : Fajar/Rian , Bulu Tangkis , Indonesia , Ganda Putra