Resmi Dilantik Jadi Presiden, Jokowi Ingin Fokus di Lima Hal Ini...

| Minggu, 20/10/2019 17:12 WIB
Resmi Dilantik Jadi Presiden, Jokowi Ingin Fokus di Lima Hal Ini... Presiden Jokowi saat membacakan sumpah jabatan dalam sidang paripurna pelantikan presiden dan wapres di MPR RI (screeshot tvparlemen)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Usai dilantik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan perdana dalam sidang paripurna MPR RI, Senayan, Jakarta 20 Oktober 2019.

Dalam paparannya, Presiden Jokowi mengatakan, dalam pemerintahannya akan memfokuskan lima hal yakni pertama, fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan pekerja keras.

“Pembangunan SDM menjadi prioritas utama kita,” kata Presiden Jokowi.

Disamping membangun SDM, Pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin juga akan meneruskan pembangunan infrastruktur. Sehingga, nantinya membantu meningkatkan perekonomian RI, “Pembangunan Infrastruktur akan kita lanjutkan. Ekslarasi nilai tambah perekonomian rakyat, “ jelasnya.

Sementara soal reguslasi, Presiden Jokowi ingin dalam pemerintahannya agar regulasi-regulasi yang ruwet dan panjang dapat disederhanakan, “Regulasi harus kita sederhanakan, harus kita potong, harus kita pangkas,” tegasnya.

Soal pemerintahan, Jokowi ingin tingkatan atau level kepegawaian disederhanakan, “Eselonisasi harus disederhanakan, eselon 1, II, III dan IV apa tidak kebanyakan, saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja,” katanya, lagi.

Terakhir, masa kepemimpinannya, Jokowi ingin Indonesia tidak lagi mengandalkan Sumber Daya Alam saja, melainkan harus ada transformasi ke Arah daya saing manufaktur dan jasa modern.

“Soal transformasi ekonomi, kita harus bertfansformasi dari ketergantungan pada SDA menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern sehingga mempunyai nilai tambah tinggi,” tukasnya.

Tags : Presiden Jokowi , Pelantikan Presiden