Podcast Dinilai Efektif Promosikan Wisata Budaya Lokal

| Senin, 06/07/2020 13:20 WIB
Podcast Dinilai Efektif Promosikan Wisata Budaya Lokal Mikrofon Bagi Podcaster (Doc: Patreon Blog)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Teknik menceritakan kisah atau story telling melalui media podcast yang sedang tren saat ini dianggap bisa menjadi alternatif dan cara baru untuk mempromosikan objek wisata budaya dan sejarah.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani menilai metode ini bisa menjadi alternatif cara mengemas wisata budaya dan sejarah menjadi suatu hal yang lebih menarik bagi generasi milenial.

“Inilah bagaimana cara kita menggali cerita-cerita sejarah itu will show your path sebenarnya. Inilah yang harus kita pikirkan bagaimana kita mencari angle-angle lain untuk anak-anak muda mengenai destinasi yang akan kita kembangkan ke depan,” kata Rizki, Sabtu 4 Juli 2020.

Pelaku Conten Writer, Astrid Savitri mengatakan Podcast atau audio story telling dapat mengemas dan mempromosikan nilai sejarah dan kebudayaan yang ada di situs budaya ataupun seni. Terlebih, podcast yang membahas tentang produk wisata dan cerita sejarah masih tergolong jarang.

“Orang-orang lebih suka diceritakan suatu kisah dibanding diberitahu, kalau (kisah sejarah) diceritakan dan dikemas dalam bentuk podcast itu jauh lebih menarik,” ungkap Astrid.

Ia menilai podcast yang berisi produk wisata dan cerita sejarah lebih dapat menarik perhatian generasi milenial. Agar lebih efektif, para podcaster dapat mengemas cerita dengan menyisipkan nilai empati, mengambil sudut pandang yang familiar, dan disampaikan melalui dialog dan monolog.

“Keep the story short and simple dan ceritakan pengalamanmu,” pungkas Astrid.

Tags : Podcast , Storytelling

Video Terkait