Pandemi Jadi Momentum untuk Reformasi Teknologi

| Rabu, 08/07/2020 13:22 WIB
Pandemi Jadi Momentum untuk Reformasi Teknologi Belanja Online Lewat E-Commerce (Foto: Liputan6)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Dunia yang saat ini sedang terinfeksi Pandemi Covid-19 masih belum dapat dipastikan pulih hingga vaksin ditemukan. Maskipun demikian, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa masa krisis ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan reformasi dengan pemanfaatan teknologi.

“Semua ini akan dapat dilakukan karena saat ini teknologi berperan penting dalam kehidupan masyarakat luas,” jelas Menkeu dalam webinar yang diselenggarakan oleh Bank Dunia, Rabu 8 Juli 2020.

Menkeu megatakan Covid-19 telah mempengaruhi masyarakat hingga level akar rumput dan Teknologi dapat menyelamatkan sebagian ekonomi dengan konversi offline ke online business atau ecommerce, yang berpotensi  dapat menyumbang tax revenue.

 “Teknologi bisa bantu kita. Begitupula reformasi di bidang kesehatan dan pendidikan di Indonesia akan bergantung pada penggunaan teknologi,” ujar Menkeu.

Hadirnya teknologi ini dinilai dapat membantu mengurangi korban pandemi, contohnya dengan teknologi ventilator untuk kuratif, vaksin untuk preventif, aplikasi dokter online, dll. Teknologi juga dapat membantu pelaksanaan pendidikan yang terhambat pandemi, dengan belajar secara aman dari rumah dengan ICT.

“Sekarang saya transfer uang langsung ke sekolah atau puskesmas. Mereka bisa menggunakan anggarannya menggunakan aplikasi. Semua yang mereka butuhkan, material untuk kesehatan dan pendidikan akan masuk ke aplikasi. Nanti akan ada laporan langsung ke Menterinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, penggunaan teknologi juga bisa digunakan untuk menjangkau masyarakat di daerah terpencil mendukung pembangunan yang lebih inklusif.

“Hal ini memang tidak akan menyelesaikan semua masalah, tapi paling tidak meringankan bebannya karena Presiden inginnya semua itu efisien, tidak birokratik lagi,” pungkasnya.

Tags : Pandemi , Teknologi , Reformasi

Video Terkait