RS di India Gunakan Robot untuk Hubungkan Pasien Covid dengan Keluarga

| Rabu, 16/09/2020 18:19 WIB
RS di India Gunakan Robot untuk Hubungkan Pasien Covid dengan Keluarga Robot Mitra di India (Doc: Machine Makers)

NEW DELHI, RADARBANGSA.COM - Sebuah rumah sakit di India tengah menggunakan teknologi robot layanan untuk melayani pelanggan yang berada di bangsal. Robot ini bertugas untuk menghubungkan jalur komunikasi antara pasien virus corona dengan teman maupun kerabatnya.

Mengutip dari Reuters, robot ini dinamai dengan Mitra, yang dalam bahasa Hindi bermakna "teman". 

Postur robot ini memiliki mata yang tajam dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah untuk membantunya mengingat orang yang pernah berinteraksi dengannya. Ia juga memiliki  sebuah tablet yang menempel di dadanya untuk memungkinkan pasien melihat orang yang dicintainya  serta staf medis yang tidak dapat mengakses bangsal.

“Butuh banyak waktu untuk pulih, dan selama waktu ini, ketika pasien sangat membutuhkan keluarganya, mereka tidak dapat berkunjung,” kata dokter di Rumah Sakit Super Khusus Yatharth, Dr Arun Lakhanpal.

Robot ini digunakan bagi pasien yang utamanya tidak memiliki ponsel untuk berkomunikasi dengan kerabatnya. 

Pembuatan Mitra, dikabarkan telah menghabiskan dana rumah sakit sebesar 1 juta rupee ($13.600). Perusahan pengembang ini tak lain adalah Invento Robotics yang berbasis di Bengaluru, India.

Direktur Perusahaan terkait, Yatharth Tyagi mengatakan jika Mitra memang khusus digunakan untuk konsultasi jarak jauh. Terlebih pada saat pandemi ini, Mitra sangat dibutuhkan guna melangsungkan komunikasi antara dokter dengan pasien, dan masyarakat dengan pasien. 

“Sangat sulit bagi psikolog atau ahli gizi untuk menemui pasien COVID, robot itu “sangat berguna," tutup Tyagi.

 

Tags : Mitra , India Covid , Invento Robotics

Video Terkait