6 Fakta Menarik Planet Terpanas di Tata Surya, Venus

| Senin, 21/09/2020 18:37 WIB
6 Fakta Menarik Planet Terpanas di Tata Surya, Venus Venus (Doc: Nasa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Minggu kemarin, dunia digemparkan dengan penemuan mengejutkan dari peneliti astrofisika yang menyebut jika terdapat gas beracun di venus. Gas ini disebut sebut sangat langka dan tidak mungkin muncul dengan sendirinya di planet venus.

Kabar ini kemudian memicu spekulasi dari kalangan peneliti antar bidang, Sebagian dari mereka mengungkap jika penemuan gas tersebut bisa jadi pula salah satu tanda adanya kehidupan.

Sementara sebagian peneliti lainnya mengatakan jika bukan mungkin tidak mungkin, penemuan zas beracun ini jika dikaitkan dengan tanda kehidupan sangatlah jauh dan belum berdasar pada banyak fakta.

Fellas, ada baiknya sebelum kita mengetahui lebih lanjut terkait adanya kehidupan di venus kita mengetahui terlebih dahulu fakta – fakta yang ada di planet tetangga ini.

Berikut adalah 6 Fakta menarik dari Planet Venus yang sekaligus merupakan planet terpanas di system tata surya kita.

 

 1. Planet Terpanas

Bukan Merkurius, tapi peneliti menyatakan jika venus merupakan planet terpanas dengan suhu yang hampir mencapai 470 derajat celcius.

Merkurius harusnya menjadi planet terpanas pasalnya ia adalah planet yang paling dekat dengan Matahari. Sedangkan Venus berada di posisi terdekat kedua setelah Merkurius.

Suhu panas yang berada di Planet Venus ini karena atmosfernya terbuat dari karbon dioksida sehingga efek rumah kaca yang dihasilkan disana lebih ekstrem.

Hal ini diperkuat oleh pernyataan Ilmuwan NASA yang mengatakan jika permukaan venus cukup panas hingga mampu melelehkan timah hitam.

  

2. Banyak Gunung Berapi Venus

Astronom mengatakan jika di Venus terdapat banyak gunung api baik yang masih aktif maupun yang non aktif.

Melansir dari Space, astronom memperkirakan lebih dari 1.600 gunung berapi yang berada di permukaan Planet Venus. Jumlah ini lumayan tergolong besar jika dibandingkan dengan planet lain di system Tata Surya kita.

Astronom juga memperkirakan jika mungkin masih banyak lagi jumlah gunung berapi di Kawasan Venus yang tidak terlihat.

 

3. 1 Hari di Venus lebih lama dari 1 Tahun

Apakah ini masuk akal?

Masuk akal saja ternyata.. Sepanjang yang kita tahu, 1 tahun terdiri dari 365 hari. Ini karena konsep rotasi dan revolusi di tata surya kita sangat berkaitan.

Akan tetapi konsep ini tidak berlaku di Planet Venus.

Melansir dari Space, sehari di Venus berlangsung selama 243 hari Bumi (itulah waktu yang dibutuhkan Venus untuk melakukan satu rotasi), sedangkan satu tahun di Venus (periode revolusinya mengelilingi matahari) lebih pendek, yaitu hanya 224,7 hari Bumi.

Kenapa bisa terjadi? Karena venus berotasi sangat lambat, hal ini pula yang menyebabkan venus berada pada siang hari selama 121,5 hari. Sedangkan sisanya adalah waktu venus untuk bertemu dengan malam hari. Cukup aneh ya.

Dikatakan juga dalam berbagai penelitian, peristiwa ini terjadi karena gerakan rotasi dan revolusi di Venus tidak saling berhubungan satu sama lain.

Hal inilah yang membuat gerak rotasi dan revolusi Venus tidak berhubungan sehingga peristiwa satu hari lebih lama daripada satu tahun ini bisa terjadi.

 

4. Venus berotasi searah dengan jarum

 Untuk diketahui, semua planet lain berputar berlawanan arah jarum jam saat berotasi, tak terkecuali Bumi.

Namun ini berbeda dengan Venus yang justru berputar searah dengan jarum jam.

Peneliti berasumsi jika hal ini disebabkan oleh posisi venus yang saat ini terbalik, seperti di masa silam planet ini dijelaskan seolah pernah terlempar dari posisi tegaknya.

Astronom juga percaya bahwa di beberapa titik, benda langit yang mulai bertabrakan berakibat pada kemiriangan Venus yang membuat posisinya saat ini menjadi  terbalik.

 

5. Tekanan ekstrim

Planet Venus dikatakan memiliki tekanan udara yang sangat ekstrim, seperti sekitar 90 kali lebih tinggi daripada tekanan di permukaan laut di Bumi.

Hal ini seumpamanya tekanan di Venus hampir sama dengan tekanan air di Bumi sekitar setengah mil (1 km) di bawah lautan.

 

6. Planet yang paling terang

Venus bukan yang paling besar di sytem tata surya kita, masih ada Jupiter dan planet tetangga yang berukuran lebih besar. Namun mengapa venus disebut sebut sebagai planet yang paling terang ?

Faktanya ya karena kedekatannya dengan Bumi dapat menjadikannya planet yang paling terang  yang kita lihat di langit.

Saking terangnya Kaum Romawi di masa lampau menyebut Venus seperti Dewi Romawi yang cantik karena penampakannya yang cerah dan bersinar di langit. Venus juga diklaim menjadi objek paling terang kedua setelah Bulan.

 

 

Tags : venus fakta , cek fakta , venus hidup

Video Terkait