Pertamina dan PLN Kolaborasi Bangun Pusat Riset Energi

| Sabtu, 14/11/2020 07:01 WIB
Pertamina dan PLN Kolaborasi Bangun Pusat Riset Energi PT PLN (Doc: Ayo Jakarta)

 RADARBANGSA.COM - Pertamina tengah berkolaborasi dengan PLN untuk membangun pusat riset energi nasional atau Indonesia Energy and Electricity Institute (IEEI).

Kesepakatan ini tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dihadiri oleh sederet pejabat BUMN pada Jumat kemarin, 13 November 2020.

"IEEI diharapkan dapat menjadi national thought leader dan regional thought leader yang dapat menjadi basis dan rujukan riset-riset di sektor energi dan ketenagalistrikan” ujar Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan resminya, kemarin.

Ia memaparkan, energi memberikan dampak yang sangat besar dalam peradaban manusia, sehingga transisi energi juga akan memberikan dampak yang masif pada peradaban manusia.

“Dalam transisi ini tentunya ada negara atau perusahaan yang survive dan kalah, harapan saya Pertamina dan PLN menjadi perusahaan yang survive dalam transisi energi ini,” imbuh Budi. 

Budi berharap, Pertamina dan PLN dapat melaksanakan studi bersama serta mempertajam organisasi yang dibentuk dengan memperhatikan isu-isu terkini di transisi energi dan transformasi serta digitalisasi energi.

Perlu diketahui, IEEI ini nantinya akan berfungsi sebagai pusat riset energi mengenai trend teknologi dan perkembangannya selama beberapa dekade.

Selain itu IEEI juga akan digunakan untuk membangun database dalam kegiatan riset dan kajian di bidang kebijakan.

Tags : Pusat riset energi , pertamina , PLN

Video Terkait