10 Juni Akan Ada Gerhana Matahari Cincin

| Kamis, 03/06/2021 16:00 WIB
10 Juni Akan Ada Gerhana Matahari Cincin Gerhana Matahari Cincin Api (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Minggu depan tepatnya pada tanggal 10 Juni 2021 mendatang, akan ada fenomena Gerhana Matahari Cincin Api yang terjadi karena Bulan menghalangi sinar Matahari dan bayangannya berada tepat di atas Bumi.

Gerhana matahari cincin 10 Juni akan berlangsung selama sekiranya 100 menit. Gerhana matahari cincin akan mulai pukul 13.42 IST atau sekitar 15.12 WIB hingga 18.41 IST atau 20.11 WIB. 

Namun sayangnya gerhana matahari cincin Api ini tidak bisa disaksikan di Indonesia. NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat) menyebutkan gerhana matahari pada tanggal 10 Juni tersebut hanya bisa disaksikan di Kanada, Greenland dan Rusia. Di Kanada, fenomena itu akan bisa terlihat selama tiga menit, dikutip dari The Indian Express, Rabu, 3 Juni 2021.

Saat mencapai puncaknya, masyarakat di Greenland dapat melihat Cincin Api. Setelahnya akan terlihat di wilayah Siberia dan Kutub Utara juga. Sekiranya akan berlangsung maksimal selama 3 menit 51 detik. 

Mengutip NASA, terdapat tiga jenis gerhana matahari berdasarkan cara tertutupnya Matahari oleh Bulan, yakni gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari total terjadi ketika Matahari tertutupi oleh bulan secara total. Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, namun dalam penampakan yang lebih kecil. Sehingga pinggiran matahari terlihat sebagai cincin terang yang mengelilingi bulan. Gerhana matahari total (GMT) yaitu ketika bulan menutupi seluruh bagian matahari sehingga langit tampak gelap seperti malam hari, seperti yang akan terjadi hari ini.

Kemudian, gerhana matahari sebagian terjadi ketika bulan berada tidak tepat pada tengah matahari, sehingga hanya menutupi sebagian matahari.

 

 

 

Tags : Gerhana Matahari Cincin Api

Video Terkait