Korea Selatan akan Luncurkan Teknologi Pendeteksi Pasien Terinfeksi COVID-19

| Senin, 13/12/2021 17:25 WIB
Korea Selatan akan Luncurkan Teknologi Pendeteksi Pasien Terinfeksi COVID-19 Wilayah Korea Selatan (Doc: Medcomm)

RADARBANGSA.COM - Korea Selatan (Korsel) akan segera meluncurkan proyek kecerdasan buatan (AI) yang bisa mendetekasi wajah pasien yang terinfeksi Covid-19. Kabarnya proyek ini sedang dikembangkan di Buncheon, kota terpadat kedua di Korsel setelah Seoul.

Mengutip kantor berita Reuters, Pemerintah setempat yang akan langsung mendanai proyek tersebut, namun ada kekhawatiran yang serius yaitu tentang bagaimana cara proyek ini tetap dikembangkan tanpa harus melanggar privasi pasien.

Terlepas dari itu, sistem ini akan menggunakan algoritme AI dan teknologi pengenalan wajah untuk menganalisis rekaman yang dikumpulkan oleh lebih dari 10.820 kamera CCTV. Teknologi tersebut juga dapat melacak pergerakan orang yang terinfeksi beserta kontak terdekatnya dan apakah mereka menggunakan masker atau tidak.

Salah seorang Pejabat Bucheon mengatakan pro terhadap pengembangan teknologi baru itu, Dia mengatakan teknologi ini nantinya dapat membantu mengurangi beban kerja tim pelacak pasien yang terinfeksi di antara 800.000 orang yang meetap di Buncheon. Pejabat itu juga menilai teknologi ini akan lebih efisien dan akurat dalam melakukan pelacakan.

Senada dengan hak itu, Walikota Bucheon Jang Deog-cheon berpendapat bahwa sistem seperti itu akan membuat penelusuran lebih cepat.

“Terkadang butuh berjam-jam untuk menganalisis satu [sepotong] rekaman CCTV. Menggunakan teknologi pengenalan visual akan memungkinkan analisis itu dalam sekejap, ”katanya di Twitter.

Pemerintah sendiri mengatakan tidak memiliki rencana untuk memperluas proyek ini ke tingkat nasional. Dikatakan tujuan dari pengembangan teknologi ini adalah untuk mendigitalkan beberapa pekerjaan manual yang harus dilakukan oleh pelacak pasien yang terinfeksi saat ini.

Sebelumnya sistem di pemerintah daerah Bucheon mampu melacak 5 hingga 10 orang dalam 10 menit, lebih cepat dari pelacakan manual yang sebelumnya mereka gunakan untuk melacak satu orang memakan waktu sekitar setengah jam hingga satu jam.

 

Tags : Korsel , Robot Pendeteksi

Video Terkait