Minat Masyarakat Terhadap Smartphone 5G Meningkat

| Selasa, 15/11/2022 17:58 WIB
Minat Masyarakat Terhadap Smartphone 5G Meningkat Samsung M33 5G. (Foto: sinergianewscom)

RADARBANGSA.COM - Minat pembelian masyarakat Indonesia terhadap smartphone 5G kian meningkat di Indonesia.

Menurut Lembaga Riset Counterpoint, pasar smartphone 5G di Indonesia meningkat 42% secara tahunan di Kuartal III (Q3) 2022.

Analis Senior Febriman Abdillah mengatakan pangsa smartphone 5G mencapai 25%. Pertumbuhan ini sebagian besar didorong dari harga smartphone diatas $250-$349, hal ini mengingat smartphone di kisaran itu sudah lebih siap mendukung layanan teknologi 5G. 

Dari sisi merek ada dua merek yang memimpin smartphone di kisaran $250-$349, yaitu Samsung dan Vivo. Samsung memimpin pertumbuhan 5G dengan seri Galaxy A33 dan seri Galaxy M33, sedangkan Vivo memimpin dengan produk Vivo Y75.

Meski pertumbuhan smartphone 5G meningkat, analis mengatakan pertumbuhan kuartalan di Indonesia masih lebih rendah dari negara Asia Tenggara lainnya.

Abdillah mengatakan ada optimisme akan kemungkinan peningkatan permintaan smartphone budget dan mid-range pada Kuartal IV 2022.

"Kami mungkin melihat peningkatan lebih lanjut dalam spesifikasi di sini untuk model-model baru. Hal ini dapat memicu permintaan melalui peningkatan ponsel cerdas, terutama bila ada kemungkinan permintaan yang terpendam di Q4," sambung dia.

Namun demikian tetap ada tantangan yakni bagaimana menarik konsumen secara efektif. 

"Konsumen akan memiliki banyak pilihan merek dan model smartphone dan akan lebih sadar akan fitur apa yang mereka butuhkan" tandas dia.

Tags : smartphone 5G , Samsung , HP 5G

Video Terkait