Bali Diperkirakan Jadi Destinasi Pertama yang Pulih Pasca Pandemi

| Rabu, 20/05/2020 13:27 WIB
Bali Diperkirakan Jadi Destinasi Pertama yang Pulih Pasca Pandemi Wisatawan China di Bali (Doc: Tagar)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif mencatat bahwa Bali masih menjadi destinasi favorit untuk Tiongkok (86%) disusul Manado (7%), Lombok (7%), Borobudur (5%) dan Batam/Bintan (2%).

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya memperkirakan bahwa Bali akan menjadi salah satu destinasi utama yang relatif lebih cepat pulih dan banyak dikunjungi wisatawan begitu pandemi dinyatakan usai. Hal ini didukung dengan kenyataan bahwa Bali selama ini merupakan destinasi wisata utama dan termasuk propinsi yang terbukti mampu menahan laju penyebaran covid19 makin meluas di masyarakat melalui  local wisdom dan peran desa adatnya.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio telah menetapkan Bali sebagai pilot project untuk penerapan program Cleanliness, Health and Safety (CHS) untuk diterapkan di bandara, destinasi, dan mendorong pengelola usaha pariwisata lainnya, seperti hotel dan restoran sebagai strategi mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pascapandemi COVID-19. Setelah Bali, menyusul destinasi lainnya secara bertahap.

"Bali menjadi prioritas, setelahnya ada Joglosemar dan Kepri yang menjadi pintu masuk wisatawan dari Singapura. Kemudian 5 destinasi super prioritas. Kami tidak ingin wisatawan kecewa, sehingga kami mendorong industri untuk menerapkan CHS ini dengan baik dan berstandar Internasional," tutup Nia.

Tags : Bali , Wisata , Pulih

Berita Terkait