Daerah Pariwisata Bali Akan Dibuka Secara Bertahap

| Kamis, 18/06/2020 11:01 WIB
Daerah Pariwisata Bali Akan Dibuka Secara Bertahap Wisatawan China di Bali (Doc: Tagar)

UBUD, RADARBANGSA.COM - Memasuki masa New Normal, Pemerintah Bali akan akan segera membuka daerah pariwisata setempat untuk mendukung keberlangsungan ekonomi.

Gubernur Bali I Wayan Koster dalam keterangan resminya, Rabu 17 Juni mengatakan daerah pariwisata Bali ini akan dibuka melalui tiga tahapan. Tahap pertama akan dilakukan pada 9 Juli 2020.

"Kami berencana kalau situasinya kondusif itu 9 Juli kami akan mulai membuka untuk pergerakan di Bali dalam beberapa sektor kecuali pendidikan dan pariwisata," ujarnya.

Tahap kedua akan dilakukan pada Agustus 2020 dengan catatan apabila pergerakan tahap pertama kondusif dan berhasil. Maka akan dilanjutkan ke tahap kedua untuk wisatawan nusantara.

Setelah tahap kedua berhasil berlanjut ke tahap ketiga dengan mulai membuka destinasi bagi wisatawan mancanegara pada September 2020.

"Tapi ini hanya persiapan dan ancang-ancang, bukan jadwal pelaksanaan. Jadi atau tidak tergantung dari perkembangan situasi dan dinamika COVID-19 khususnya perkembangan transmisi lokal di Bali," ujarnya.

I Wayan Koster juga menjelaskan, hal tersebut sudah sesuai arahan Presiden dan Menparekraf terkait bahwa reopening Bali harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa.

"Jangan sampai terjadi pandemi gelombang kedua di Bali, bila kita terburu-buru. Karena itu akan berisiko dan sangat berat bagi kami," katanya.

Tags : Bali , Pariwisata , Turis

Berita Terkait