# SALAT

  • Selasa, 25/05/2021 16:33 WIB WIB

    Tata Cara Salat Sunah Gerhana Bulan  

    Fenomena gerhana bulan dalam bahasa Arab disebut juga dengan Khusuf. Pada saat Khusuf umat Oslam disunahkan umum melaksanakan salat sunah dua rakaat kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan dua khotbah, seperti salat Idul Gitri atau Salat Idul Adha di masjid. Salat sunah ini terbilang sunah muakkad.

  • Senin, 03/05/2021 16:35 WIB WIB

    Polemik Salat Malam Lailatul Qadar, Dianjurkan atau Dibid`ahkan?

    Salat sunah malam Lailatul Qadar hingga tahun ini masih menghasilkan perdebatan. Berbagai pendapat dan argumentasi menimbulkan pernyataan bahwa salat malam Lailatul Qadar adalah salat sunah yang dianjurkan dan sebagian dari mereka menolak dan bahkan melontarkan tuduhan yang membid`ah kan salat sunah tersebut dengan alasan Rasulullah SAW tidak pernah melakukan hal tersebut. Lantas apakah demikian?

  • Kamis, 29/04/2021 21:40 WIB WIB

    Niat dan Doa Salat Witir

    Pelaksanaan salat witir sebaiknya dilakukan sebanyak tiga rakaat dengan dua kali pelaksanaan, pertama melaksanakan dua rakaat salam kemudian dilanjutkan sengan satu rakaat. Namun, banyak juga yang melaksanakan salat witir langsung sebanyak tiga rakaat dan hal tersebut juga diperbolehkan. tetapi keutamaanya lebih pada salat witir yang dipisah pelaksanaanya. Berikut ini tata cara pelaksanaan slaat witir:

  • Kamis, 29/04/2021 16:30 WIB WIB

    Mengenai Salat Witir dan Ketentuan yang Wajib Diketahui

    Salat witir adalah salah satu salat sunah yang sangat dianjurkan. Witir sendiri memiliki arti ganjil, hal ini yang mendasari mengapa pelaksanaan salat witir dalam jumlah ganjil. Salat witir juga tidak dianjurkan berjamaah kecuali witir yang dilaksanakan pada bulan Ramadan.

  • Selasa, 27/04/2021 16:45 WIB WIB

    Kewajiban Mengqadha Puasa bagi Perempuan Haid, Lantas Mengapa Salat Tidak?

    Perempuan yang sedang haid tidak memiliki kewajiban untuk mengada salat, bahkan jika mereka melakukannya maka dihitung tidak sah. Berbeda dengan puasa wajib di bulan Ramadan, perempuan haid memiliki kewajiban untuk mengada puasa. 

  • Rabu, 07/04/2021 15:37 WIB WIB

    Sejarah Pelaksanaan Salat Tarawih di Rumah pada Zaman Rasulullah SAW

    Melaksanakan salat tarawih di rumah bukan lah hal yang baru bagi umat Islam. Rasulullah SAW juga pernah melaksanakan salat tarawih di rumah selama beberapa hari berturut-turut, penjelasan mengenai hal ini dapat di temukan dalam kitab hadits seperti Bukhari, Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, Malik dan Ahmad.

  • Senin, 05/04/2021 19:08 WIB WIB

    Panduaan Cara Salat Tarawih Singkat

    Bulan Ramadan selalu saja terdapat pandangan negatif mengenai salat tarawih yang dilakukan secara cepat dan singkat. Padahal salat tarawih bisa saja dilakukan secara cepat jika memahami aturan yang dijelaskan para ulama mazhab. Bahkan zaman daulu para ulama malaksanakan salat ratusan bahkan ribuan rakaat hanya dilakukan dalam satu malam.

  • Selasa, 16/03/2021 16:54 WIB WIB

    Tidak Semua Ibadah Baik Dilakukan di Masjid

    Masjid adalah tempat suci yang mulia. Terdapat beberapa ibadah yang sunah jika dilakukan di masjid dan pastinya memiliki nilai yang lebih, seperti salat wajib berjamaah, salat tahiyatul masjid dan itikaf. Namun, ada beberapa ibadah yang sebaiknya tidak dilakukan di masjid. Salah satu hikmah yang bisa diambil, bila ibadah sunah dilakukan didalam rumah adalah tersembunyi dari pandangan masyarakat sehingga menghindari sikap riya.

  • Selasa, 09/03/2021 20:42 WIB WIB

    Terlintas Pikiran Kotor, Apakah Membatalkan Salat?

    Munculnya pikiran-pikiran kotor ataupun pikiran yang tidak berhubungan dengan salat seringkali dirasakan seseorang ketika melaksanakan salat. Banyak alasan mengapa pikiran tersebut muncul, salah satunya karena godaan setan yang dikenal dengan nama Setan Khinzib. Setan ini biasa menggoda orang ketika sedang melaksanakan salat agar salat yang mereka lakukan menjadi tidak khusyuk. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadis menganjurkan untuk membaca ta’awwudz dan meludah ke arah kiri kita sebanyak tiga kali:

  • Selasa, 09/03/2021 18:25 WIB WIB

    Bolehkah Melakukan Gerakan Menggaruk Badan Ketika Salat

    Menggerakkan bagian tubuh ketika salat selain yang terdapat dalam gerakkan salat dapat membatalkan salat. Ulama bermahzab Syafii menjelaskan gerakan dianggap banyak ketika berlangsung sebanyak tiga kali secara beruntun dan tanpa jeda. Jika gerakan pertama memiliki jeda sekiranya dalam satu rakaat dengan gerakan kedua, maka gerakan tersebut sudah dihitung terputus. Terputusnya suatu gerakan dalam salat, menurut Imam Al-Baghawi adalah ketika terdapat jeda sekitar satu rakaat salat. Dikutip dari kitab Raudhah at-Thalibin wa ‘Umdah al-Muftin milik Imam an-Nawawi :