Menteri PUPR: Tol Pandaan-Malang Siap Dioperasikan

| Kamis, 11/04/2019 23:17 WIB
Menteri PUPR: Tol Pandaan-Malang Siap Dioperasikan Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Dok Kementerian PUPR RI)

MALANG, RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan ruas tol Pandaan-Malang seksi I-III sepanjang 30 kilometer telah rampung dan siap dioperasikan. 

"Saya lihat tadi dari Pandaan ke Singosari, terlihat sudah siap untuk diresmikan. Total dari 38 km Jalan Tol Pandaan-Malang, yang sudah siap diresmikan sepanjang 30 km," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Pandaan, Rabu 10 April 2019. 

Basuki menjelaskan bahwa ada beberapa pekerjaan pembersihan penyelesaian jalan tol tersebut, "mudah-mudahan satu hari ini selesai besok ada tim penilai sertifikasi laik fungsi, sebelumnya minggu lalu sudah tahap penilaian pra laik fungsi," jelasnya. 

Menteri Basuki menyatakan, jika besok uji laik fungsi sudah selesai dan dinyatakan siap operasi, akan diusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar dapat diresmikan, "Sekarang akan kita lihat lagi perkembangannya. Ibu Gubernur Jawa Timur tadi mengusulkan untuk bisa diresmikan tanggal 12 April 2019 saat Presiden berada di Malang," ujarnya.

Untuk diketahui, jalan Tol Pandaan-Malang terdiri dari 5 seksi yang terbagi menjadi Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km.

Tags : Jalan Tol ,