Rois Aam PBNU: Hormati dan Hargai Perbedaan

| Rabu, 27/06/2018 09:30 WIB
Rois Aam PBNU: Hormati dan Hargai Perbedaan Kiai Maruf memberikan potongan tumpeng pertama kepada Cak Imin saat merayakan Harlah ke-75 di Muamalat Tower, Senin, 12 Maret 2018. (Foto: Instagram)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat khususnya umat Islam untuk tetap saling menghargai perbedaan pilihan dalam ajang Pilkada 2018 yang dilakukan secara serentak di 171 daerah di Indonesia pada hari ini, Rabu 27 Juni 2018.

Rois Aam PBNU, KH Ma’ruf Amin berujar, Islam menganjurkan saling menghormati dan menghargai perbedaan pandangan dan pilihan, termasuk ketika Pilkada.

"Menghormati dan menghargai perbedaan pilihan dengan sikap rendah hati, toleransi dan saling memuliakan," kata Kiai Ma`ruf di Jakarta.

Ketua MUI ini mengatakan Pilkada tidak boleh menjadi ancaman persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pilihan boleh berbeda tetapi semangat persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa harus tetap terpelihara dan terjaga.

Dalam Pilkada, kata dia, setiap unsur masyarakat utamannya Muslim harus mendahulukan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok dan golongan.

Selain itu, lanjut dia, penting agar menjunjung tinggi semangat persaudaraan, baik persaudaraan ke-Islaman maupun persaudaraan kebangsaan.

Dia mengajak seluruh masyarakat khususnya umat Islam untuk menggunakan hak konstitusionalnya dalam Pilkada dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan niat yang ikhlas karena semata untuk melaksanakan ibadah.

Tags : Ma’ruf Amin , Pilkada , PBNU

Berita Terkait