PPMI Mesir Gelar MTQ Internasional, 20 Negara Turut Kirim Peserta

| Selasa, 23/04/2019 22:17 WIB
PPMI Mesir Gelar MTQ Internasional, 20 Negara Turut Kirim Peserta Presiden PPMI Mesir Saeful Jihad saat memberikan sambutan pada acara MTQ Intenasional 2019 di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir (foto: Istimewa)

KAIRO, RADARBANGSA.COM - Perhelatan Akbar MTQ Internasional 2019 resmi dibuka oleh Dubes LBBP Indonesia untuk Kairo, Helmi Fauzy di Auditorium Shaikh Zayed Center, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, Senin 22 April 2019.

Acara tersebut digelar atas kerjasama PPMI Mesir, KBRI Cairo, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan The World Organization for al-Azhar Graduates (WAAG). 

Gelaran bergengsi ini diikuti 55 orang peserta yang berasal dari 20 Negara dengan dua cabang lomba, yaitu Musabaqah Tilawah al-Qur`an (MTQ) dan Musabaqah Hifdz al-Qur`an (MHQ).

Informasi yang dihimpun oleh radarbangsa, acara tersebut dihadiri oleh erwakilan WAAG, Dubes KBRI Kairo, Fungsi KBRI dan Atase Politik, Protokol Konsuler, Ekonomi, Pensosbud dan Komunikasi serta Atase Pendidikan dan kebudayaan serta Perdagangan dan Pertahanan.

Selain itu ada, Direktur Aulad Ragab Muhammad Ragab, Duta Al-Azhar Safir Abdurrahman Musa dan Direkstur Media Shaut Al-Azhar Husam. "Apresiasi yang tinggi saya berikan kepada PPMI Mesir yang telah berhasil menyelenggarakan perhelatan akbar MTQ Internasional, tak lupa saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Al-Azhar, Ulama-ulama Al-Azhar dan tentu kepada Grand Syaikh Al-Azhar Asy-Syarif Ahmad Thayyeb yang telah mendukung keberlangsungan acara ini serta senantiasa menyampaikan Islam moderat yang menghadirkan perdamaian di seluruh Dunia", papar Bapak Helmi Fauzy.

Untuk dektahui, negara - negara yang menjadi peserta MTQ Internasional diantaranya: Indonesia, Malaysia, Filiphina, Senegal, Singapura, Srilangka, Turki, Tajikistan, Pakistan, Uganda, Afganistan, Kirgistan, Brunei Darussalam, Spanyol, Nigeria, Chad, Djibouti, Bangladesh, Irak dan Kazakhstan.

Sementara itu, Presiden PPMI Mesir, Saeful Jihadmenyampaikan rasa bangga karena acara yang luar biasa ini sukses terselenggara dan berharap agar seluruh peserta bisa memahami dan merealisasikan kandungan yang terdapat pada setiap ayat Qur`an.

"Kami menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada KBRI Kairo, WAAG dan terkhusus kepada Mr. Muhammad Ragab yang telah mendukung penuh keberlangsungan acara ini," kata Saeful Jihad, yang juga Alumni Pondok Pesantren Darul Anwar, Banten, Indonesia. 

Sebelumnya, pada tahun lalu gelaran MTQ Internasional yang diselenggarakan oleh PPMI Mesir berhasil menyabet gelar program terinspiratif dalam ajang PPI Dunia Award di Moskow.

Tags : MTQ Internasional , PPMI Mesir ,