Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Ini Arahan Presiden Jokowi

| Rabu, 07/08/2019 17:32 WIB
Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Ini Arahan Presiden Jokowi Presiden Jokowi (foto: Facebook @jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan arahan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan kepada kepala daerah, kepolisian dan TNI.

“Pertama, prioritaskan pencegahan melalui patroli terpadu, deteksi dini, sehingga kondisi harian di lapangan selalu terpantau. Kedua, saya meminta jajaran pemerintahan terkait, khususnya Badan Restorasi Gambut, untuk menata pengelolaan ekosistem gambut secara berkelanjutan,” kata Presiden Jokowi lewat akun facebooknya, Rabu 7 Agustus 2019.

Ketiga, lanjut Presiden Jokowi, kalau ada api, padamkan sesegera mungkin. Jangan biarkan api itu membesar, “Keempat, penegakan hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan dilakukan tanpa kompromi,” tambahnya.

Presiden juga berpesan agar kebakaran hutan dan lahan tidak terulang lagi seperti pada 2015 silam karena dapat menyebabkan kerugian besar.

“Lahan yang terbakar di Kalimantan dan Sumatra kurang lebih 2,6 juta hektare dan menimbulkan kerugian sampai Rp221 triliun. Ini sebuah angka yang besar dan saya berharap tidak terjadi lagi,” tukasnya.

Tags : Presiden Jokowi ,