Indonesia-Tiongkok Kerjasama Bangun Bendungan Peloska

| Kamis, 17/10/2019 22:37 WIB
Indonesia-Tiongkok Kerjasama Bangun Bendungan Peloska Indonesia-Tiongkok Kerjasama Bangun Bendungan Peloska (foto: pu.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan kerjasama dengan China International Development Cooperation Agency (CIDCA) untuk pembangunan Bendungan Peloska.

Kerjasama ini dilakukan oleh Sekretaris Jenderal PUPR Anita Firmanti dengan Vice Chairman CIDCA Deng Boqing di Jakarta, Rabu 16 Oktober 2019 lalu di Kementerian PUPR dengan mendatangani naskah Exchange of Letter Bendungan Pelosika.

Penandatanganan Exchange of Letter ini merupakan tanda dimulainya kegiatan Engineering Services persiapan pembangunan Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara dengan dana hibah dari Pemerintah Tiongkok sebesar 28,19 Juta RMB Yuan atau senilai Rp 56,1 miliar. Sementara Konstruksi Bendungan Pelosika dijadwalkan untuk dimulai pada 2020.

“Kedepannya akan dibangun empat bendungan yang saat ini sedang dalam tahap persiapan, salah satunya adalah Bendungan Pelosika,” kata Anita.

Bendungan Pelosika direncanakan memiliki volume sebesar 822,56 juta meter kubik dan dapat mensuplai air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik.

Bendungan Peloska ini berfungsi untuk mengairi area irigasi seluas 22.000 hektare, menyalakan pembangkit listrik tenaga air sebesar 20 megawatt, dan mengurangi risiko banjir di Sulawesi Tenggara.

Tags : Indonesia , Tiongkok , Bendungan Peloska