Realisasi PEN Hingga Agustus Capai 25 Persen  

| Rabu, 26/08/2020 10:50 WIB
Realisasi PEN Hingga Agustus Capai 25 Persen   Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hingga 19 Agustus 2020, realisasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tercatat sebesar 25,1% dari dana pagu. 

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan jika ke depan realisasi ini masih harus dipercepat untuk mengurangi tekanan dan menjaga pertumbuhan ekonomi. 

"Kita sekarang mendorong, koordinasi dengan Menko dan para Menteri untuk mempercepat pelaksanaan program sampai Desember nanti. Kalau ada program yang belum jalan akan diredesign sehingga bisa dilaksanakan lebih baik," tegasnya. 

Ia merinci jika penyerapan sudah digunakan di bidang kesehatan dan perlindungan sosial.

"Untuk beberapa item, di bidang kesehatan, sudah terealisir Rp7,36 triliun dari Rp87,55 triliun. Untuk perlindungan sosial, sudah terealisir Rp93,18 triliun dari Rp203,9 triliun. Semua program perlindungan sosial diperpanjang hingga Desember meskipun ada beberapa bantuan tunai ada yang diturunkan dari Rp600 jadi Rp300 ribu. Kartu Prakerja sudah mulai jalan, BLT Desa juga," paparnya.

Sementara untuk bantuan Sektoral dan Pemda sudah terealisasi Rp12,4 triliun dari Rp106,05 triliun terutama untuk program padat karya, DID, DAK Fisik, dan Bantuan Produktif Presiden untuk usaha mikro.

“Diharapkan pada bulan Agustus ini ada 1 juta usaha mikro yang mendapatkan bantuan produktif tersebut,” tukasnya.

Tags : pen , realisasi , Augustus