Neraca Perdagangan Januari Hingga Agustus Surplus, Mendag: Patut Disyukuri

| Rabu, 07/10/2020 23:15 WIB
Neraca Perdagangan Januari Hingga Agustus Surplus, Mendag: Patut Disyukuri Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (foto: Humas Kemendag)

JATIM, RADARBANGSA.COM – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memaparkan bahwa pandemi telah menggugurkan banyak sektor bisnis. Ia melanjutkan meski banyak industri mengalami kontraksi, namun neraca perdagangan dari Januari hingga Agustus 2020 justru tercatat surplus.

“Patut kita syukuri bahwa dari Periode Januari sampai Agustus 2020, neraca perdagangan Indonesia ke dunia mengalami surplus sebesar 11,05 Miliar Dolar AS,” ungkap Mendag dalam Penganugerahan Good Design Indonesia (GDI) Virtual, Rabu 7 Oktiber 2020.

Ia memaparkan, angka tersebut jika dibandingkan dengan periode sebelumnya berbanding sangat jauh dimana pada periode yang sama di tahun 2019, neraca perdagangan Indonesia justru defisit USD 2,06 Miliar Dolar.

“Hal ini menunjukkan di tengah ekonomi yang sulit, pemerintah Indonesia, khususnya kementerian perdagangan bersama pelaku usaha terus berupaya memperjuangkan kinerja neraca perdagangan dan peningkatan ekspor non migas,” paparnya.

Ia lantas menghimbau kepada masyarakat untuk berbangga menggunakan produk lokal. Hal ini guna menggenjot konsumsi dalam negeri dan untuk mencegah Indonesia menghadapi resesi.

Tags : Mendag , ekspor non migas , neraca perdagangan surplus