Ekonomi Jatim Diroyeksi Tumbuh 5 Hingga 6 Persen di 2021

| Jum'at, 04/12/2020 08:03 WIB
Ekonomi Jatim Diroyeksi Tumbuh 5 Hingga 6 Persen di 2021 Industri Semen di Jawa Timur. (Foto: indopolitikacom)

RADARBANGSA.COM – Di Tahun 2021, perekonomian Jawa Timur diprediksi akan kembali membaik dengan pertumbuhan di kisaran 5 hingga 6 Persen. 

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emel Listianto Dardak menyebut jika Industri dan perdagangan akan menjadi motor penggerak pertumbuhan, namun demikian kedua sektor ini tetap harus menjaga dan mengedepankan protokol kesehatan untuk mencapai target tersebut.

“Pertumbuhan diharapkan optimis naik tetapi harus tetap menjaga agar pandemi covid-19 di Jatim jangan sampai naik,”ujar Wakil Gubernur Emil Listianto Dardak di Surabaya, Kamis 3 Desember 2020.

Ia mengatakan sektor-sektor yang dirasa potensial perlu didorong agar pertumbuhan ekonomi Jawa Timur kembali membaik. Beberapa sektor ini adalah industri kertas, industri  dan perdagangan, kimia dan investasi.

“Investasi Jawa Timur terus menunjukan catatan mengembirakan dan  justru mengalami pertumbuhan disaat pademi. Penanaman Modal Asing (PMA) juga mengalami pertumbuhan cukup menggebirakan meskipun masih dibawah Penanaman Modan Dalam Negeri (PMDN),” demikian kata Emil.

Fenomena ini salah satunya terlihat dari pertumbuhan di  triwulan III yang naik 23,31 persen dari triwulan sebelumnya. Hal inilah menurut Emil yang lantas menjadi optimisme mengenai pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 nanti.

 

 

 

 

 

Tags : Ekonomi Jatim

Berita Terkait