AS Lepaskan Cadangan, Harga Minyak Dunia Turun 7%

| Jum'at, 01/04/2022 10:29 WIB
AS Lepaskan Cadangan, Harga Minyak Dunia Turun 7% Minyak Mentah/Minyak Hitam (Foto: Fortune)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak dunia merosot sekitar 7% pada perdagangan Kamis Malam/Jumat Pagi. Hal ini dipicu oleh langkah AS yang akan segera melepas cadangan minyak untuk menutupi defisit kebutuhan minyak dunia.

Minyak WTI tercatat turun 7% menjadi ditutup tepat di atas USD100. Sementara, minyak mentah berjangka Brent untuk Mei ditutup turun 4,8% ke USD107,91 per barel.

Joe Biden mengatakan bahwa volume minyak yang dilepaskan mencapai 180 juta barel setara dengan sekitar dua hari permintaan global.

Adapun pelepasan cadangan minyak akan dilksanakan Mulai Mei 2022 mendatang.

Tak hanya AS, Biden juga meminta sekutu untuk melepaskan cadangan minyak di kisaran 30 juta hingga 50 juta barel minyak untuk menutupi defisit.

“Kita perlu meningkatkan pasokan. Perusahaan minyak yang sedan menganggur atau yang tidak beroperasi harus mulai memproduksi," ujar Biden, seperti dikutip, Jumat 1 April 2022.

Dia juga mengharapkan agar Badan Energi Internasional (IEA) dapat melepaskan minyak untuk mengimbangi ekspor minyak Rusia yang lenyap akibat dijatuhi sanksi.

Rencananya, negara-negara anggota IEA akan bertemu hari ini pukul 19.00 WIB, untuk memutuskan potensi pelepasan minyak kolektif, kata juru bicara Menteri Energi Selandia Baru.

Tags : AS , Minyak , Minyak Mentah