Harga Saham BBNI Naik Pasca Laporan Kinerja Membaik

| Rabu, 26/10/2022 08:53 WIB
Harga Saham BBNI Naik Pasca Laporan Kinerja Membaik Outlet BNI (Doc: Kompas)

RADARBANGSA.COM - Harga saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) bergerak positif setelah mengumumkan laporan keuangan kuartal ketiga 2022 yang menggembirakan.

Mengutip pegerakan dari Ipotnews, harga saham BBNI sejak penutupan Senin bergerak menguat dari 9.350 menjadi 9.525 atau melesat sekitar 1,87% hingga penutupan Selasa.

Senior Investment Information, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Martha Christina, kenaikan saham tak lepas dari kinerja gemilang BBNI.

"Beberapa pendorong kinerja yang lebih baik ini adalah pendapatan bunga bersih (melonjak 5,2% y-o-y) dan penurunan biaya provisi (-35,3% y-o-y). Tren kenaikan NIM juga diperkirakan berlanjut ke depan seiring kenaikan suku bunga," kata Martha seperti dikutip, Rabu 26 Oktober 2022.

BBNI mengumumkan perolehan laba bersih sebesar Rp13,7 triliun pada kuartal III/2022, melambung 76,8% secara tahunan (year-on-year).

Direktur Utama BBNI, Royke Tumilaar, mengatakan perolehan laba bersih ini tetap dapat diraih meski perseroan menjalankan fungsi intermediasi secara selektif. Hasilnya, penyaluran kredit perseroan terkerek 9,1% (y-o-y) menjadi Rp622,61 triliun.

Sebagai penopang pertumbuhan kredit, perusahaan juga mengandalkan pendanaan terutama dari current account saving account (CASA) yaitu tabungan dan giro.

Dia menambahkan kuatnya dana murah ini tercermin dari rasio CASA yang mencapai 70,9 persen dari total dana pihak ketiga (DPK). Angka ini menjadi pencapaian tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Tags : Saham , BBNI