Pemerintah Anjurkan UMKM Ikuti Tren Ekonomi Digital

| Senin, 28/11/2022 17:02 WIB
Pemerintah Anjurkan UMKM Ikuti Tren Ekonomi Digital Pengusaha UMKM. (Foto: intitradacom)

RADARBANGSA.COM - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kini dihadapkan dengan tren dunia yaitu digitalisasi. Pemerintah menyarankan agar Pelaku UMKM bisa terkoneksi digital agar produk Indonesia bisa bersaing di pasar global. 

“Tren digital dan situasi pandemi Covid-19 telah membuat perilaku berbelanja masyarakat banyak berubah ke platform e-commerce. Untuk itu, saya terus mendorong dan mendukung para pelaku UMKM untuk beradaptasi dan berperan aktif dalam industri e-commerce dan memanfaatkan program-program digitalisasi UMKM dari Kemendag,” terang Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam keterangan tertulisnya, Senin 28 November 2022.

Dikatakannya, UMKM memegang peranan penting dalam menunjang perekonomian Indonesia. Hal ini terlihat pada tangguhnya perekonomian Indonesia meski sempat dihantam badai pandemi sejak dua tahun lalu. Pemerintah telah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM dapat memasuki ekosistem digital pada 2024.

”Namun, kita belum boleh berpuas diri. Tantangan yang akan dihadapi UMKM bukan hanya tantangan dalam negeri, melainkan juga pasar global di masa mendatang. Untuk itu, saya mendukung UMKM untuk terus kreatif, inovatif, dan responsif terhadap situasi perekonomian global,” papar Mendag Zulkifli Hasan.

 

Tags : UMKM , Mendag , Digitalisasi

Berita Terkait