Menhub Budi Tegaskan Tarif KRL Tidak Naik Hingga 2023

| Selasa, 27/12/2022 21:05 WIB
Menhub Budi Tegaskan Tarif KRL Tidak Naik Hingga 2023 Kereta api Commuterline Jabodetabek. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) memastikan tarif KRL tidak akan mengalami kenaikan sampai tahun 2023 nanti. Ditegaskannya, sebagai gantinya akan ada pemberlakuan subsidi tepat guna pada pertengahan bulan 2023.

"Insyaallah sampai tahun 2023 tidak naik. Tapi, nanti pakai kartu. Jadi yang sudah berdasi bukan apa-apa ya, (Berdasi kemampuan finansialnya tinggi) mesti bayar lain (tidak ada subsidi). Jadi sampai 2023 kita rencanakan tidak naik," kata Menhub dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenhub, Capaian Kinerja 2022 dan Rencana Kerja Kemenhub 2023 di Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal mengatakan bahwa tidak akan ada kenaikan tarif KRL. Akan tetapi diganti dengan mekanisme subsidi tepat guna.

Dia mengatakan bahwa subsidi tepat guna yang dimaksud yakni pemberian subsidi bagi kalah bawah. Nantinya pihaknya akan menggunakan data dari Kementerian Dalam Negeri untuk mengetahui siapa saja yang berhak untuk mendapatkan subsidi tersebut.

Sedangkan bagi mereka yang dianggap mampu secara finansial, terangnya, akan tetap membayar sesuai dengan tarif yang seharusnya dibayarkan. "Itu subsidi tepat guna. Tidak jadi naik, tapi kita makai data yang ada di Kemendagri. Jadi yang 'kaya' ya bayar sesuai dengan harga aslinya. Dan yang kurang mampu itu yang dapat subsidi," katanya kepada wartawan di Gedung Kementerian Perhubungan.

Tags : Menteri Perhubungan RI , KRL , Kereta Api , Subsidi

Berita Terkait