BTN Dapat Suntikan Dana Rp2,5 Triliun

| Senin, 30/01/2023 12:09 WIB
BTN Dapat Suntikan Dana Rp2,5 Triliun Bank BTN (Foto: Marketeers)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi menggelontorkan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp2,5 triliun ke Bank BTN. 

PMN ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja BTN khususnya dalam menyediakan tempat tinggal yang layak untuk masyarakat.

Adapun hingga saat ini kondisi kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan masyarakat mencapai di atas 28 juta rumah.

“Jadi kita punya tanggung jawab untuk menjawab hak masyarakat. Tapi kalau masyarakat berhak, tidak berarti dapat gratis. Maka, kita perlu merangkai seluruh kebijakan, regulasi, dan instrumen agar masyarakat mampu untuk bisa mendapatkan tempat tinggal yang layak dan sehat,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam keterangan tertulis, Senin 30 Oktober 2023.

Tak hanya itu Menkeu meminta Bank BTN untuk bekerja melebihi key performance indicator (KPI) yang ditetapkan.

“Saya berharap BTN bisa bersinergi dan memberi nilai tambah. BTN harus sehat, well governed, efisien, better manage, dan kompetitif. Itu baru Anda bisa memberikan nilai tambah,”

Lebih lanjut Menkeu mengatakan PMN yang diberikan kepada Bank BTN sebesar merupakan uang yang berasal dari rakyat Indonesia sehingga harus digunakan untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Titip uangnya, titip masyarakat yang berharap dari BTN, titip atas nama negara dan masyarakat kepada Anda semuanya. Anda adalah BUMN jadi tidak bekerja sekedar cari untung. Anda punya idealisme membangun Indonesia, mensejahterakan rakyat, terutama dari sisi sektor keuangan,” tandas Menkeu.

 

Tags : BTN , PMN , Dana

Berita Terkait