Bank Sentral China Tahan Suku Bunga Utama Tidak Berubah

| Jum'at, 15/03/2024 12:47 WIB
Bank Sentral China Tahan Suku Bunga Utama Tidak Berubah Warga Tiongkok berjalan di depan papan saham china (Foto: World Economic Forum)

RADARBANGSA.COM - Bank sentral China, People's Bank of China (PBoC), mempertahankan suku bunga kebijakan utama tidak berubah pada Jumat 15 Maret 2024 sesuai prediksi pasar.

Dalam pernyataannya, PBOC menegaskan pihaknya mempertahankan suku bunga pinjaman fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) senilai 387 miliar yuan (S$72 miliar) kepada beberapa lembaga keuangan tidak berubah pada tingkat 2,50 persen dari operasi sebelumnya. 

Dalam jajak pendapat Reuters terhadap 36 pengamat pasar, 32, atau 89 persen, dari seluruh responden, memperkirakan bank sentral akan mempertahankan biaya pinjaman pinjaman MLF satu tahun tidak berubah.

Dengan pinjaman MLF senilai 481 miliar yuan yang akan berakhir bulan ini, operasi tersebut menghasilkan penarikan dana bersih sebesar 94 miliar yuan dari sistem perbankan.

Bank sentral juga menyuntikkan 13 miliar yuan melalui reverse repo tujuh hari sambil mempertahankan biaya pinjaman tidak berubah pada 1,80 persen, kata PBoC

Tags : China , Suku Bunga

Berita Terkait