Psikolog ini Ungkap Pentingnya Ibu Bekerja Luangkan Waktu untuk Anak

| Jum'at, 13/04/2018 15:11 WIB
Psikolog ini Ungkap Pentingnya Ibu Bekerja Luangkan Waktu untuk Anak Disela-sela kesibukannya sebagai selebriti, Carissa Putri selalu meluangkan waktu bermain dan bercengkerama dengan buah hatinya. (foto: instagram)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Perkembangan zaman menuntut kaum Ibu untuk bekerja dan beraktfitas diluar agar kebutuhan ekonomi keluarga tercukupi. Namun, banyak diantaranya yang melupakan peran utama dalam mengasuh dan meleuangkan waktu bersama sang anak.

Padahal, sangat penting bagi si ibu untuk tetap punya waktu yang berkualitas bersama si kecil. Psikolog anak, Anna Surti Ariani mengatakan, ketersediaan waktu dengan si kecil menjadi barang langka bagi para ibu bekerja saat ini.

Tapi, momen tersebut jangan sampai diabaikan. Karena, Anda akan kehilangan kesempatan untuk membentuk karakter positif pada anak.

"Ketika kita memiliki waktu berkualitas dengan anak, kita bisa menggunakannya untuk membangun karakter positifnya. Misalnya menumbuhkan sifat disiplin untuk melakukan berbagai macam tugasnya. Atau mengajarkan bagaimana dia bisa bergaul dengan baik bersama teman-temannya," ujar Anna pada temu media di Lotte Choco Pie, Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Anna menambahkan, ketersediaan waktu berkualitas tentunya harus diisi dengan interaksi positif antara ibu dan anak. Hindari penggunaan gawai atau handphone ketika sang ibu berinteraksi dengan buah hatinya.

Jika hal ini menjadi rutinitas, lanjut Anna, maka bukan tidak mungkin anak akan tumbuh dengan karakter positif yang akan mengantarkannya pada gerbang kesuksesan di masa mendatang.

"Caranya bisa dengan mengusahakan 1-2 jam setiap hari untuk mendongeng atau memasak bersama. Intinya yang bisa menciptakan kedekatan bersama anak," tambah dia.

sementara, Aktris tanah air Carissa Putri yang juga seorang ibu menutarakan bahwa disela-sela kesibukannya sebagai selebritis, selalu menyediakan waktu bersama buah hatinya, Quenzi.

"Saya biasanya sebelum tidur itu menanyakan ke Quenzi, hari ini ngapain aja, gimana di sekolah. Itu momen yang nggak terlewatkan. Walau cuma satu jam, itu kita benar-benar nggak pegang handphone fokus untuk dengar ceritanya," tutur Carissa.

Tags : Ibu dan Anak , Psikolog Anak , Carissa Putri

Foto Terkait